Penulis Utama : Afifatul Musyafiah
NIM / NIP : K7118009
×

Afifatul Musyafiah. K7118009. ANALISIS PEMBELAJARAN PPKN MATERI HUBUNGAN SIMBOL DENGAN SILA PANCASILA DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2022.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn materi “Hubungan Simbol dengan Sila Pancasila” dan mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data penelitian yaitu guru kelas IV, peserta didik dan orang tua/wali murid. Data primer merupakan hasil observasi, wawancara guru dan peserta didik serta hasil kuesioner yang diisi oleh orang tua peserta didik peserta didik kelas IV SDN Purwotomo No. 97. Data sekunder berasal dari hasil dokumentasi foto dan video ketika pengambilan data. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik uji validitas data yang digunakan menggunakan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran PPKn materi hubungan simbol dan sila Pancasila berjalan dengan baik dan pembelajaran berlangsung secara aktif. Penerapan nilai Pancasila sila pertama sampai sila kelima sudah berjalan baik, dari hasil rata-rata 20 peserta didik atau 92% peserta didik telah melaksanakan nilai Pancasila dari sila pertama sampai sila kelima tetapi masih ada beberapa nilai dalam pelaksanaannya belum maksimal khususnya indikator Pada indikator berani mengemukakan pendapat dalam nilai permusyawaratan dan perwakilan juga belum terlaksana secara maksimal dikarenakan peserta didik belum percaya diri dengan dirinya dan takut salah jika pendapatnya tidak tepat. Dengan demikian perlu adanya pembiasaan yang dilakukan oleh orang tua dan bimbingan oleh guru di sekolah dalam penerapan nilai Pancasila sehingga peserta didik terbiasa berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai Pancasila.

×
Penulis Utama : Afifatul Musyafiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118009
Tahun : 2022
Judul : Analisis Pembelajaran PPKN Materi Hubungan Simbol dengan Sila Pancasila dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Kelas IV SD Nengeri Purwotomo No. 97 Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata Kunci : Pembelajaran, PPKn dan Nilai Pancasila
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd
2. Dr. Matsuri, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd, M.Si
2. Dwi Yuniasih Saputri, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.