Penulis Utama : Raden Rara Pandhan Budi Larasati
NIM / NIP : G0018166
×

Raden Rara Pandhan Budi Larasati, G0018166, 2022. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Mengenai COVID-19 terhadap Kepatuhan Pemeriksaan Kehamilan (ANC) dalam Masa Pandemi di Puskesmas Cawas 1 Kabupaten Klaten. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Pendahuluan: Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan ANC untuk mengetahui perkembangan janin dan mengecek kesehatan ibu. Ibu hamil yang tidak mematuhi jadwal pemeriksaan ANC meningkatkan risiko terjadinya komplikasi, Angka Kematian Ibu (AKI), dan Angka Kematian Bayi (AKB). Masa pandemi COVID-19 menganjurkan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak. Ibu hamil merupakan individu yang rentan terhadap infeksi COVID-19. Keterbaharuan penelitian mengenai pengetahuan ibu hamil apakah berpengaruh terhadap kepatuhan ibu hamil tersebut dalam melakukan pemeriksaan ANC. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan mengenai COVID-19 terhadap kepatuhan subjek untuk melakukan pemeriksaan ANC di masa pandemi COVID-19.
Metode: Ibu hamil yang sedang melakukan pemeriksaan ANC pada masa pandemi COVID-19 di Puskesmas Cawas 1, Kabupaten Klaten yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dicatat sebagai responden. Responden mengisi kuesioner yang sudah disiapkan dan tervalidasi. Wawancara dan buku KIA diperlukan untuk kelengkapan data. Pengumpulan data dilakukan hanya satu kali, sebagai penelitian cross-sectional. Data diolah secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square.
Hasil: Jumlah responden sebanyak 66 orang. Responden berdasarkan usia terbanyak antara usia 20-35 tahun sebanyak 77,3 % (51/66), pendidikan terbanyak adalah pendidikan tinggi sebesar 75,8% (50/66), dan ibu yang tidak bekerja sejumlah 69,7% (46/66). Tidak didapat pengaruh tingkat pengetahuan mengenai COVID-19 terhadap kepatuhan pemeriksaan kehamilan (ANC) dalam masa pandemi di Puskesmas Cawas 1 Kabupaten Klaten, dengan p value 0,673.
Simpulan: Tidak didapat pengaruh tingkat pengetahuan mengenai COVID-19 terhadap kepatuhan pemeriksaan kehamilan (ANC) dalam masa pandemi di Puskesmas Cawas 1 Kabupaten Klaten.

×
Penulis Utama : Raden Rara Pandhan Budi Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0018166
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Tingkat Pengetahuan Mengenai Covid-19 terhadap Kepatuhan Pemeriksaan Kehamilan (ANC) dalam Masa Pandemi di Puskesmas Cawas 1 Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : COVID-19; kepatuhan ANC; pandemi; tingkat pengetahuan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.uns.ac.id/pmj/authorDashboard/submission/244
Status : Public
Pembimbing : 1. Eriana Melinawati, dr., Sp.OG(K)
2. Lukman Aryoseto, dr., MKM
Penguji : 1. Dr. Abdurahman Laqif, dr., Sp.OG(K)
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.