Penulis Utama : Nafi'a Nurul Firdaus
NIM / NIP : H0718114
×

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Anggrek bulan (Phalaenopsis sp) merupakan salah satu anggrek kebanggaan nasional sehingga dikenal dengan sebutan Puspa Pesona. Dalam rangka mendukung program pemuliaan tanaman dan pelestarian plasma nutfah maka diperlukan penelitian untuk meneliti tingkat kemiripannya sehingga diperlukan informasi mengenai keragaman dan klarifikasi yang dapat menunjukkan tingkat serta hubungan antar kultivar tanaman sebagai pedoman untuk seleksi dari tanaman. Tingkat kemiripan dapat ditentukan secara fenotipik dan genotipik yang berdasarkan pada pengamatan karakterisasi morfologi dari suatu tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter dan tingkat kemiripan antar spesies pada beberapa spesies anggrek bulan (Phalaenopsis sp).

Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2022 di Screenhouse Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan karakterisasi berdasarkan morfologi kuantitatif dan kualitatif. Karakterisasi anggrek Phalaenopsis dilakukan dengan cara mengamati ciri-ciri fenotipe yang terdapat pada masing-masing spesies yaitu P.Ox. Happy girl papillon, P.Ox. Honey star, P.Ox. Lottery Prince Ox1639, P.Ox. Firebird, dan P.Ox. Red Lion the conqueror. Masing-masing spesies terdiri dari dua tanaman sebagai ulangan. Parameter pengamatan yang diamati dibedakan menjadi dua yaitu parameter kuantitatif dan parameter kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan kemudian dilakukan analisis deskriptif dan uji kemiripan dengan aplikasi NTSYS-PC untuk mengetahui kemiripan antar spesies Phalaenopsis dan koefisien kemiripannya.

Berdasarkan hasil pengamatan menghasilkan dendogram yang menyatakan tingkat kemiripan berdasarkan karakter morfologi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan dendogram tersebut menghasilkan empat kelompok kemiripan dengan masing-masing koefisien kemiripan. Tingkat kemiripan paling dekat berdasarkan karakter morfologi kualitatif terdapat pada anggrek Phalaenopsis sp spesies P.Ox. Happy girl papillon dengan P.Ox. Firebird dengan koefisien kemiripan sebesar 0,93 yang berarti bahwa anggrek tersebut memiliki kemiripan yang sangat dekat. Sedangkan berdasarkan karakter morfologi kuantitatif yang memiliki tingkat kemiripan paling besar ditunjukkan oleh spesies P.Ox. Honey star dan P.Ox. Red Lion the Conqueror dengan P.Ox. Firebird dengan koefisien kemiripan sebesar 0,65.

 

×
Penulis Utama : Nafi'a Nurul Firdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0718114
Tahun : 2022
Judul : Karakterisasi Anggrek Bulan (Phalaenopsis sp) secara Morfologi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : konservasi; anggrek; kemiripan; dendogram
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, M.P.
2. Ida Rumia Manurung, S.P., M.Agr.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Nandariyah, M.S.
Catatan Umum : tidak ada DOI (2)
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.