Penulis Utama : Ayu Lestari
NIM / NIP : H0718035
×

Anggrek merupakan salah satu family dari Orcidaceae yang merupakan keluarga tanaman bunga-bungaan paling besar. Terdiri lebih dari 25.000-30.000 spesies yang tersebar di Indonesia. Tanaman anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadi komoditas ekspor Indonesia. Meningkatkanya jumlah konsumen yang tinggi di setiap tahunnya, tentu harus diimbangi dengan pengembangan plasma nutfah anggrek yang baik pula untuk memperbaiki karakter morfologi tanaman anggrek. Teknik poliploidisasi dengan menggunakan kolkisin menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki sifat tanaman anggrek. Kolkisin mengandung senyawa alkaloid yang mampu menginduksi tanaman menjadi poliploid. Tanaman yang poliploid biasanya memiliki sifat-sifat yang lebih unggul seperti bunga yang lebih besar, dan tebal, ketahanan yang lebih lama, maupun warna bunga yang lebih pekat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengaruh konsentrasi kolkisin 1500 ppm terhadap karakter morfologi anggrek bulan (Phalaenopsis sp.) Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Mei 2022 bertempat di Screen House Fakultas Pertanian UNS. Bahan yang digunakan adalah kuncup bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis sp.) varietas Phalaenopsis fullers sunset, Phalaenopsis golden tree, dan Phalaenopsis OX X-Ray serta larutan kolkisin dengan konsentrasi 1500 ppm. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan langsung melalui pencatatan data primer serta dokumentasi bagian-bagian bunga anggrek baik itu data kualitatif maupun data kuantitatif . Analisis data yang dilakukan yakni dengan menggunakan skoring data morfologi dan deskripsi menjadi data biner melalui buku panduan karakterisasi tanaman anggrek BPTH (Balai Penelitian Tanaman Hias).

Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis dapat disimpulkan bahwa berdasarkan karakter morfologi kuantitatif kolkisin 1500 ppm mengakibatkan perubahan pada Phalaenopsis OX X-Ray pada lebar petal yakni sebesar 6 cm dan pada Phalaenopsis fullers sunset pada panjang bunga sebesar 7,4 cm, ketebalan sepal dorsal 0,1 cm, ketebalan sepal lateral 0,1 cm, dan ketebalan petal bunga 0,09 cm. Berdasarkan karakter morfologi kualitatif kolkisin 1500 ppm mempengaruhi Phalaenopsis fullers sunset yakni pada bentuk petal yang berbentuk belah ketupat, dan pada Phalaenopsis golden tree yakni pada bentuk ujung sepal lateral yang runcing, penampang melintang dan membujur petal yang cekung dan pada Phalaenopsis OX X-Ray yakni tepi sepal dorsal yang terbelah, dan susunan petal yang terbuka.

×
Penulis Utama : Ayu Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0718035
Tahun : 2023
Judul : KARAKTERISASI MORFOLOGI ANGGREK BULAN (Phalaenopsis sp.) DENGAN PEMBERIAN KOLKISIN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2023
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : poliploidi, kromosom, kuncup bunga, mutagenesis, tanaman hias
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, M.P.
2. Ida Rumia Manurung S.P., M.Agr.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM. ASEAN Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.