Penulis Utama : Risha Mujiyasih
NIM / NIP : K1518064
×

Risha Mujiyasih. K1518064. KESENJANGAN KINERJA GREEN BUILDING PADA ASPEK KENYAMANAN TERMAL DAN KENYAMANAN PENCAHAYAAN PENGHUNI GEDUNG RUMAH SAKIT UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022. 

Sektor bangunan menjadi penyumbang sumber emisi karbon akibat konsumsi energi pendingin ruang dan pencahayaan ruang. Konsep Green Building adalah solusi untuk menghemat konsumsi energi. Kesenjangan kinerja tahap operasional adalah perbedaan desain rencana bangunan dengan penggunaan energi secara nyata dalam bangunan hijau yang disebabkan oleh perilaku penghuni gedung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan persepsi dan perilaku penghuni gedung terhadap: (1) kenyamanan termal, (2) kenyamanan pencahayaan gedung Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan mixed method concurrent triangulation. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan survei. Observasi dilakukan dengan non partisipan terhadap kondisi bangunan pada sistem pendingin dan sistem pecahayaan ruang, perilaku penghuni terhadap kenyamanan pencahayaan dan kenyamanan termal. Wawancara dilakukan kepada manajemen gedung dan penghuni gedung. Survei kuesioner dilakukan dengan penyebaran angket berbasis kertas kepada penghuni gedung. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dengan analisa data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis model interaktif Miles dan Huberman untuk data kualitatif. 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat kesenjangan kinerja yaitu suhu dan kelembaban ruang pada Lantai 1, 2, 4 dan Lantai 7 tidak sesuai standar. Pasien dan pegawai non medis merasa nyaman dengan termal dan tidak menunjukkan perilaku tidak nyaman. Sedangkan pasien rawat inap dan pegawai medis merasa tidak nyaman dengan termal (2) terdapat kesenjangan kinerja yaitu intensitas cahaya  ruang lantai 4 tidak sesuai standar. Pasien rawat jalan rawat jalan, pendamping pasien rawat inap, pegawai non medis, pegawai medis merasa nyaman dengan pencahayaan dan tidak menunjukkan perilaku tidak nyaman. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah pemasangan stiker kampanye: (1) menggunakan pendingin ruang sesuai standar, (2) mematikan pencahayaan ruang saat tidak digunakan. Perlu dilakukan pemasangan gorden di lantai 4 ruang pasien rawat inap, penggantian jenis lampu di Ruang Perawat sesuai standar serta pembangunan ruang terbuka hijau pada rooftop lantai 4 RS UNS.

 

 

×
Penulis Utama : Risha Mujiyasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1518064
Tahun : 2022
Judul : Kesenjangan Kinerja Green Building pada Aspek Kenyamanan Termal dan Kenyamanan Pencahayaan Penghuni Gedung Rumash Sakit Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kenyamanan Termal dan Kenyamanan Pencahayaan, Kesenjangan Kinerja, Perilaku Penghuni
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Anis Rahmawati, S.T, M.T
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T
Penguji : 1. Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS.Ars
2. Dr. Ir. Ida Nugroho Saputro, S.T., M.Eng, IPM
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.