Penulis Utama : Lily Nabillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022102030
Tahun : 2022
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberkulosis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Lily Nabillah. S022102030. Meta-analisis : Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Tuberkulosis. Tesis. Pembimbing I: Dr. Argyo Demartoto, M.Si. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pembimbing II: Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D. Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Tuberkulosis adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbagai macam metode pengobatan, namun demikian pengobatan tuberkulosis sering kali tidak dilakukan dengan benar dan hingga tuntas. Pentingnya kepatuhan pengobatan sebagai prioritas utama dalam efektivitas pengobatan pasien tuberkulosis  melalui dukungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial terhadap kepatuhan pengobatan pada pasien tuberkulosis.

Subjek dan metode: Penelitian meta-analisis ini menggunakan pedoman flowchart PRISMA. Proses pencarian dilakukan antara tahun 2017 sampai 2022 menggunakan database Google Scholar, PubMed, Semantic Scholar dan Science Direct. Berdasarkan database, terdapat 10 artikel yang memnuhi kriteria inklusi. Analisis penelitian menggunakan software review manager 5.3

Hasil: Terdapat 10 artikel yang yang relevan dalam meta-analisis ini menunjukkan bahwa pengaruh dukungan sosial yang kuat tentang pengobatan tuberkulosis memiliki kemungkinan untuk patuh pengobatan pada pasien tuberkulosis dan secara statistik signifikan (OR= 2.10; CI 95%= 1.76 hingga 2.52; p=0.380)

Kesimpulan: Pasien tuberkulosis memiliki dukungan sosial yang kuat tentang kepatuhan tuberkulosis memiliki kemungkinan untuk patuh pengobatan pada pasien tuberkulosis.

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LAMPIRAN.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB VI.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
FILE HALAMAN COVER.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana