Penulis Utama : Rika Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S032008017
Tahun : 2022
Judul : Konflik Kejiwaan Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) unsur intrinsik dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara; 2) aspek psikis id, ego, dan superego tokoh utama dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara; 3) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara; 4) relevansi novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini ialah novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dimulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teori dan sumber.
Berdasarkan pembahasan id, ego, dan superego tokoh utama dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud hasil penelitian bahwa aspek psikologis tokoh utama adalah suatu struktur yang terdiri atas unsur id, ego, dan superego yang saling berkaitan dalam membentuk berbagai tingkah laku tokoh utama. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara yakni religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, dan peduli sosial. Relevansi novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, yakni dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran karena sesuai dengan Kompetensi Dasar kelas 4 & kelas 6 Sekolah Dasar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana