Penulis Utama : Muhamad Dava Alqirana
NIM / NIP : K4218042
×

Muhamad Dava Alqirana : Konflik Interpersonal dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Crikak Ingapuran Karya Nursisto Serta Relevansinya Pada Materi Pembelajaran Sastra Jawa di SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Salah satu permasalahan klasik pada pembelajaran sastra di sekolah adalah tidak tersedianya buku sastra yang sesuai dengan jenjang siswa, baik dari segi isi maupun bahasanya. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan analisis konflik interpersonal dan nilai pendidikan karakter dalam antologi crikak Ingapuran karya Nursisto serta relevansinya dengan materi ajar sastra Jawa siswa Sekolah Menengah Atas, guna memberikan referensi guru mengenai crikak yang dikatakan baru.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur crikak, konflik interpersonal, dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam antologi crikak Ingapuran karya Nursisto dan relevansinya dengan materi pembelajaran sastra Jawa pada siswa sekolah menengah atas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian sosiologi sastra. Data yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil analisis dokumen pada antologi crikak Ingapuran karya Nursisto yang berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang memberikan gambaran mengenai konflik interpersonal dan nilai pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dokumen dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang berupa analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antologi crikak Ingapuran karya Nursisto apabila dikaji dari analisis struktur khususnya pada unsur intrinsik crikak meliputi tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan amanat.

Hasil analisis terhadap konflik interpersonal menunjukkan bahwa terdapat tiga penyebab adanya konflik interpersonal yang terkandung didalamnya, yaitu konflik interpersonal yang diakibatkan ketidaksepakatan, gangguan, dan perasaan negatif. Hasil analisis terhadap nilai pendidikan karakter menunjukkan bahwa terdapat tiga nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya, yaitu nilai pendidikan karakter kepedulian,kesadaran, keadilan, kejujuran, tanggung jawab, menghormati. Adapun merujuk pada hasil analisis wawancara dengan guru dan siswa maka antologi crikak Ingapuran karya Nursisto relevan untuk dijadikan bahan ajar sekolah menengah atas khususnya pada kurikulum 2013 kelas X semester gasal Kompetensi Dasar (KD) 3.2 dan 4.2.

×
Penulis Utama : Muhamad Dava Alqirana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218042
Tahun : 2022
Judul : Konflik Interpersonal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Crikak Ingapuran Karya Nursisto Serta Relevansinya Pada Materi Pembelajaran Sastra Jawa Di Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: konflik interpersonal, nilai pendidikan karakter, materi pembelajaran sastra Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Tya Resta F, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.