Penulis Utama : Brian Kurniawan Widianto
NIM / NIP : A121708011
×

Brian Kurniawan Widianto. A121708011. 2020. “Pembinaan Olahraga Sepakbola Periode 2015-2020(Studi Survei Pelaksanaan Manajemen Olahraga Sepakbola di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo)”. Tesis. Pembimbing I Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. Pembimbing II Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui manajemen pembinaan dan prestasi olahraga sepakbola Persada tahun 2015-2020; 2) mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia dalam pembinaan sepakbola Persada tahun 2015-2020; 3) mengetahui manajemen program latihan dalam pembinaan sepakbola Persada tahun 2015-2020; 4) mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pembinaan sepakbola Persada tahun 2015-2020; dan 5) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan sepabola Persada tahun 2015-2020.

Penelitian ini dilakukan tim sepakbola Persada Mayak Ponorogo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggambarkan pembinaan prestasi sepakbola Darul Huda Mayak tentang latar belakang, SDM, latihan, sarana prasarana, sumber dana serta kendala yang dihadapi dari tahun 2015-2020. Sumber data dalam penelitian ini antara lain tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip, serta informan kuncinya adalah pengurus dan manajemen klub, pelatih dan atlet. Teknik pengumpulan data yaitu mengkaji dokumen dan arsip, wawancara mendalam, dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) manajemen pembinaan prestasi dengan dukungan pendanaan dari Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo telah dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan beragam prestasi, antara lain antara lain tahun 2015 juara 2 Liga Santri Nusantar, tahun 2016 juara 1 Liga Santri Regional Jawa Timur, tahun 2017 Juara 1 Liga Santri Nusantara, tahun 2018 juara 1 Liga Santri Regional, dan tahun 2019 juara 1 Liga Santri Regional; 2) Sumber daya manusia olahraga sepakbola di Tim Sepakbola Darul Huda Mayak Ponorogo yang tersedia sampai saat ini bisa dikatakan baik, dimana tahun 2015 hingga 2019 merupakan sumber daya manusia terbaik dengan berbagai macam prestasi yang diraih. 3) Pelaksanaan metode latihan pembinaan prestasi olahraga sepakbola di klub Persada Darul Huda Mayak Ponorogo terprogram dengan baik untuk jangka pendek dan jangka panjang; 4) Sarana dan prasarana olahraga sepakbola di tim sepakbola Persada Darul Huda Mayak sangat memadai.  5) kendala yang dihadapi berasal dari pengurus, pelatih, atlet, program latihan, sarana prasarana, dan kompetisi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembinaan prestasi diklub sepakbola Persada sudah baik dari tahun 2015-2020. 

×
Penulis Utama : Brian Kurniawan Widianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121708011
Tahun : 2021
Judul : Pembinaan Olahraga Sepakbola Periode 2015-2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata kunci: Pembinaan Prestasi, Olahraga Sepakbola
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/1511
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyano
2. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or.,
2. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.