Penulis Utama : Eva Novitasari
NIM / NIP : A121708021
×

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendalami: 1) Latar belakang PBV Petrokimia  Gresik,  2)  Sumber  daya  manusia  PBV  Petrokimia  Gresik,  3)  Pelaksanaan latihan di PBV Petrokimia Gresik, 4) Ketersediaan sarana dan prasarana PBV Petrokimia Gresik, 5) Pendanaan PBV Petrokimia Gresik.

Penelitian ini dilakukan pada klub bolavoli putri Petrokimia Gresik di Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggambarkan pembinaan prestasi PBV PG tentang latar belakang, SDM, latihan, sarana prasarana, sumber dana.  Dengan demikian sumber data dalam penelitian ini antara lain tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip, serta informan kuncinya adalah pengurus dan manajemen klub, pelatih dan beberapa atlet. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengkaji dokumen dan arsip, wawancara mendalam, observasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   pembinaan   prestasi   di   klub   bolavoli Petrokimia  Gresik  dapat  dikatakan  baik.  PBV  Petrokimia  Gresik  didirikan  oleh  PT Petrokimia Gresik sejak tahun 1979 yang merupakan salah satu program CSR perusahaan. Dilihat dari ketersediaan sumber daya manusia yang terdiri dari pengurus, pelatih dan atlet yang  dibina  melalui  perekrutan  dengan  melihat  kualitas  dan  kuantitas  calon  atlet  dan pelatih, serta dengan menunjukkan sertifikat yang dimiliki. Latihan di PBV Petrokimia Gresik dilakukan 6 kali dalam satu minggu (senin-sabtu), penyusunan program latihan secara tertulis dibuat oleh pelatih dan kepala bidang teknik. Ketersediaan sarana prasarana yang disediakan oleh perusahaan berupa kompleks sarana olahraga Tri Dharma yang terdiri dari  stadion,  lapangan  tenis,  gedung  olahraga/serbaguna,  fitness  center,  jogging  track, driving area, lapangan bola, kolam renang, lapangan golf 9 holes, lapangan bolavoli pantai, kolam pancing. Sumber dana yang digunakan murni berasal dari perusahaan sendiri yang dikelola oleh CSR.

Kesimpulannya bahwa pelaksanaan pembinaan prestasi di klub bolavoli Petrokimia Gresik   sudah   maksimal.   Dilihat   dari   latar  belakang   klub,   sumber   daya  manusia, pelaksanaan latihan, ketersediaan sarana prasarana, dan pendanaan. Meskipun masih ditemukan beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai visi dan misi PBV Petrokimia Gresik

×
Penulis Utama : Eva Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121708021
Tahun : 2019
Judul : Pembinaan Prestasi Olahraga Bolavoli pada Klub Putri Petrokimia Gresik (Studi Kasus Tentang Sumber Daya Manusia, Latihan, Sarana Prasarana, dan Pendanaan Klub Bolavoli Petrokimia Gresik di Jawa Timur)
Edisi :
Imprint : Surakarta - PASCASARJANA - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Ilmu Keolahragaan -A121708021-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.