Penulis Utama : Mega Widya Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508037
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Olahraga Woodball di Provinsi Jawa Tengah (Studi Deskriptif tentang Organisasi, Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, Pendanaan dan Pembinaan Prestasi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121508037-2017
Subyek : PENGEMBANGAN, OLAHRAGA, WOODBALL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keberadaan organisasi olahraga Woodball di Provinsi Jawa Tengah. (2) Mengetahui upaya pengembangan cabang olahraga Woodball yang dilakukan di Pengprov IWbA Jawa Tengah. (3) Mengetahui kondisi sumber daya manusia di Pengprov Jawa Tengah untuk mengembangkan olahraga Woodball. (4) Mengetahui sarana dan prasarana yang dimiliki Pengprov Jawa Tengah. (5) Mengetahui penggalian sumber dana oleh Pengpov Jawa Tengah. (6) Mengetahui pembinaan prestasi olahraga Woodball yang diterapkan di Pengprov Jawa Tengah.
Penelitian ini dilakukan di Indonesia Woodball Association (IWbA) dan Pengprov IWbA Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian Pengembangan olahraga Woodball di Provinsi Jawa Tengah. Sumber data berupa wawancara dan catatan-catatan mengenai organisasi, sumberdaya manusia, sarana prasarana, pendanaan dan pembinaan prestasi yang dimiliki oleh IWbA dan pengurus Provinsi IWbA Jawa Tengah dan informan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengkaji dokumen dan arsip (content analysis), wawancara mendalam (in-depth interviewing) dan observasi (observation).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indonesia Woodball association dan Pengprov IWbA Jawa Tengah mempunyai peran penting dalam proses pengembangan olahraga Woodball. (2) Pengprov IWbA Jawa Tengah telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan olahraga Woodball dengan melakukan sosialisasi, pelatihan dan pembinaan bagi pelatih dan atlet. (3) Sumber daya manusia di Pengprov IWbA Jawa Tengah mulai dari pengurus, pelatih dan juga atlet mempunyai potensi dan kualitas yang baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh minat, bakat dan banyaknya prestasi yang diraih oleh atlet Woodball Provinsi Jawa Tengah. (4) Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Pengprov Jawa Tengah sudah sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang di tetapkan. Namun pada saat penggunaan fasilitas olahraga, Pengprov IWbA Jawa Tengah masih harus bekerja sama dengan beberapa pihak dikarenakan belum mempunyai fasilitas pribadi. (5) Penggalian sumberdana didapat dari KONI dan PB IWbA. Selama ini pemerintah belum turut serta dalam pengembangan olahraga Woodball khususnya dalam bidang pendanaan. (6) Pengprov IWbA Jawa Tengah belum maksimal dalam melakukan pembinaan prestasi. Keterbatasan pendanaan mengakibatkan beberapa program pembinaan prestasi belum terlaksana dengan baik, seperti belum adanya pusat pelatihan atlet dan juga perekrutan atlet junior.

Kata Kunci : Pengembangan, Olahraga, Woodball

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or., AIFO.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana