Penulis Utama : Putri Sulandari
NIM / NIP : R0218092
×

Putri Sulandari, R0218092, 2022. Hubungan Pengetahuan APD dan Pengawasan dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bagian Produksi Plywood PT Anugrah Karya Trisakti Purworejo.

Latar Belakang : Perkembangan industri kayu di Indonesia mengharuskan tenaga kerjanya bekerja menggunakan mesin dan alat produksi. Hal tersebut diikuti dengan banyaknya potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Penggunaan alat pelindung diri merupakan salah satu cara untuk melindungi pekerja dari kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Namun melihat fakta di lapangan masih banyak pekerja yang tidak mematuhi peraturan penggunaan APD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan APD dan pengawasan dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja bagian produksi plywood di PT Anugrah Karya Trisakti.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan terhadap 76 pekerja produksi plywood di PT Anugrah Karya Trisakti Purworejo. Teknik pengambilan sampel yang menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan APD dan pengawasan serta checklist untuk menilai kepatuhan penggunaan APD. Teknik analisis bivariat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Somers’d dan analisis multivariat yang digunakan adalah uji Regresi Logistik Berganda.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang patuh menggunakan APD sebanyak 61,8% dan yang tidak patuh menggunakan APD sebesar 32,8% responden. Terdapat dua variabel yang berhubungan signifikan dengan kepatuhan penggunaan APD yaitu pengetahuan APD (nilai p = 0,000, OR = 0,678) dan pengawasan (nilai p = 0,000, OR = 0,543). Selanjutnya variabel yang signifikan dilakukan pengujian kembali dengan uji Regresi Logistik Berganda yang menunjukkan pengetahuan APD paling berpengaruh dengan kepatuhan penggunaan APD dengan nilai p = 0,000 dan Exp (B) = 17,904.

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan APD dan pengawasan dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja bagian produksi plywood PT Anugrah Karya Trisakti Purworejo.

×
Penulis Utama : Putri Sulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218092
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Pengetahuan APD dan Pengawasan dengan Kepatuhan Penggunaan APD pada Pekerja Bagian Produksi Plywood PT Anugrah Karya Trisakti Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengetahuan APD, Pengawasan, Kepatuhan, Alat Pelindung Diri
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
2. Bachtiar Chahyadhi, S.ST., M.KKK
Penguji : 1. Dr. Sumardiyono, S.KM., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.