Penulis Utama : Siti Rochmah Fitria
NIM / NIP : K7118209
×

Siti Rochmah Fitria. K7118209. ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBARAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2021.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran (2) menganalisis karakter siswa kelas V dalam implementasi budaya sekolah di SD Negeri Kembaran (3) menganalisis kendala dan upaya dalam implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala, sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, implementasi budaya sekolah sudah terlaksana dengan kategori baik. Pada tahap ini siswa sudah mampu melaksanakan kegiatan dengan terus menerus, namun masih terdapat siswa yang perlu dibimbing dan diingatkan guru untuk melaksanakan kegiatan budaya sekolah Kedua, karakter yang mulai membudaya yaitu karakter religius dan nasionalis, karakter yang berkembang yaitu karakter mandiri, gotong royong dan integritas. Ketiga, dalam implementasi budaya sekolah terdapat kendala yaitu rendahnya kesadaran siswa dalam mengikuti pembiasaan, kurangnya motivasi dalam melaksanakn budaya sekolah, siswa mudah lupa tentang karakter yang diajarkan guru. Sedangkan upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kendala dalam implementasi budaya sekolah yaitu menumbuhkan kesadaran siswa akan manfaat kegiatan pembiasaan, memotivasi siswa untuk melaksanakan budaya sekolah, bekerja sama dengan orang tua dalam membentuk nilai karakter siswa di sekolah dan di rumah.

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut adalah implementasi budaya sekolah di SD Negeri Kembaran sudah terlaksana dengan kategori baik. Karakter yang mulai membudaya yaitu karakter religius dan nasionalis, karakter dengan kategori berkembang yaitu karakter mandiri, gotong royong dan integritas. Implementasi budaya sekolah mengalami kendala dan perlu adanya upaya dalam mengatasi kendala implementasi budaya sekolah tersebut.

Kata Kunci: Analisis, Budaya Sekolah, Karakter Siswa

×
Penulis Utama : Siti Rochmah Fitria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118209
Tahun : 2022
Judul : Analisis Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD Negeri Kembaran Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Analisis, Budaya Sekolah, Karakter Siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.