Penulis Utama : Gagah Nurya Putra
NIM / NIP : A121808018
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)hubungan kekuatan otot lengan terhadap prestasi memanah 2) hubungan daya tahan otot lengan terhadap prestasi memanah, 3) hubungan kekuatan otot perut terhadap prestasi memanah, 4) hubungan keseimbangan terhadap prestasi memanah, serta 5) hubungan kekuatan otot lengan, daya tahan otot lengan, kekuatan otot perut, dan keseimbangan terhadap prestasi memanah.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Atlet Panahan di Surakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu 13 atlet panahan di Surakarta. Variabel penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas yaitu kekuatan otot lengan, daya tahan otot lengan, kekuatan otot perut dan keseimbangan. Variabel terikat yaitu prestasi memanah. Teknik pengambilan data dengan tes dan pengukuran.  Data akan diolah menggunakan software SPSS versi 20 dengan menggunakan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel memiliki hubungan yang signifikan baik secara tunggal maupun ganda. 1) ada hubungan positif yang signifikan antara variabel kekuatan otot lengan terhadap prestasi memanah, variabel kekuatan otot lengan  memberikan kontribusi sebesar 30%, 2) ada hubungan positif yang signifikan antara variabel daya tahan otot lengan terhadap prestasi memanah, variabel daya tahan otot lengan memberikan kontribusi sebesar 4%, 3) ada hubungan positif yang signifikan antara variabel kekuatan otot perut terhadap prestasi memanah, variabel kekuatan otot perut sebesar 26%, 4) ada hubungan positif yang signifikan antara variabel keseimbangan terhadap prestasi memanah, variabel keseimbangan memberikan kontribusi sebesar 25%, serta 5) ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan, daya tahan otot lengan, kekuatan otot perut, keseimbangan terhadap prestasi memanah, dengan nilai R sebesar 0,921. Sedangkan seluruh variabel independent memberikan kontribusi sebesar 85% terhadap prestasi memanah atlet panahan

×
Penulis Utama : Gagah Nurya Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121808018
Tahun : 2022
Judul : HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, DAYA TAHAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT, DAN KESEIMBANGAN TERHADAP PESTASI MEMANAH(STUDI KORELASIONAL PADA ATLET KELAS KHUSUS OLAHRAGA MEMANAH PELAJAR SMPN 1 SURAKARTA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : prestasi, memanah, kekuatan, otot lengan, daya tahan, otot perut, keseimbangan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijmra.in/v5i1/17.php
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M. Pd
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M. Pd
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M. Or.
2. Drs. Agus Mukholid, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.