Penulis Utama : Tri Widiyastuti
NIM / NIP : S031908022
×

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan media yang digunakan di sekolah dasar di kecamatan Jumantono serta kebutuhan media media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik juga media interaktif yang digunakan sudah melalui berbagai tahapan sehingga dinyatakan valid dan praktis berdasarkan penilaian ahli sehingga media interaktif komik ilmiah bermuatan wayang punokawan efektif dapat meningkatkan ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi  Peserta didik pada kelas IV sekolah dasar di Jumantono.

Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) terdiri dari tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. Tahap pendahuluan bertujuan untuk mengetahui keadaan media pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran. Tahap pengembangan dimulai dari menyusun desain awal, validasi produk kepada ahli media dan ahli materi. Peneliti melakukan uji coba terbatas dan Uji coba luas. Data yang diperoleh bersumber dari guru, siswa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan test (pretest dan posttest). Uji keefektiftan media produk menggunakan uji-t. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji keefektifan.

Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan hasil rerata validasi ahli media diperoleh nilai 3,79 dan rerata validasi ahli materi diperoleh nilai 3,88. Hasil rerata penilaian produk pada uji coba terbatas adalah 4,29, sedangkan pada uji coba luas mendapatkan nilai 4,33. Hasil uji-t pada nilai gain score diperoleh tobs = 2,464 > ttabel = 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya bahwa media Interaktif komik ilmiah berbasis Kearifan Budaya Lokal dapat meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV pada materi dengan sub tema ayo cintai lingkungan. Hasil pengujian effect size diperoleh nilai 1,65 sehingga masuk dalam kategori tinggi hal ini menunjukkan bahwa media interaktif efektif untuk meningkatkan ketrampilan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV pada sub tema ayo cintai lingkungan sekolah dasar di Kecamatan Jumantono.

×
Penulis Utama : Tri Widiyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031908022
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Interaktif Komik Ilmiah (MIKOIL) Bermuatan Wayang Punokawan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Ayo Cintai Lingkungan ( Penelitian Pengembangan Pada Peserta Didik Kelas IV SD di Kecamatan Jumantono
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : penelitian dan pengembangan, media interaktif, kemampuan HOTS, sekolah dasar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.2991/assehr.k.210226.056
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St Y Slamet, M.Pd
2. Dr. Sandra Bayu Kurniawan, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Si
2. Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.