Penulis Utama : Yoyada Yorim
NIM / NIP : K3217082
×

Yoyada Yorim. K3217082. PENGANIMASIAN WAYANG BEBER PACITAN

SEBAGAI APRESIASI SENI TRADISIONAL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DIKELAS XI ANIMASI SMK NEGERI 1 PACITAN  TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan  media pembelajaran baru berbasis video animasi sebagai media ajar tambahan pada mata pelajaran Seni Budaya, sekaligus sebagai upaya peningkatan minat siswa terhadap kesenian wayang beber Pacitan serta upaya untuk melestarikan kesenian wayang beber Pacitan di era modern ini yang di uji cobakan pada siswa kelas XI program keahlian Animasi di SMK Negeri 1 Pacitan.

Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian   pengembangan   (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Animasi di SMK Negeri 1 Pacitan tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 15 siswa. Sumber data yang digunakan adalah; informan, tempat dan peristiwa,  dokumen  dan  arsip.  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan adalah secara random dan sampel berstrata. Teknik pengumpulan data yang digunakan  yaitu  ;  wawancara,  observasi,  dokumentasi,  angket,  dan  tes.  Uji validitas  data  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber.  Analisis  data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian menggunakan prosedur dalam penelitian pengembangan.

Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran berbentuk video animasi pada mata pelajaran Seni Budaya bagi siswa kelas XI Animasi SMK Negeri 1 Pacitan. Produk tersebut berisikan rangkain cerita wayang beber Pacitan gulungan pertama yang terdiri atas 4 jagong meliputi: adegan sayembara, adegan perjalanan Jaka Kembang Kuning, adegan persembunyian Sekartaji, serta adegan Pasar. Hasil penelitian berupa media pembelajaran video animasi wayang beber Pacitan dengan judul “Panji Asmarabangun” setelah diterapkan pada mata pelajaran Seni Budaya menunjukkan bahwa media video tutorial dapat diterima sebagai media tambahan mata pelajaran seni budaya pada materi muatan lokal. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran video animasi wayang beber ini dapat menambah pengetahuan materi mengenai muatan lokal, sumber inspirasi dalam penyajian animasi yang berkaitan dengan kesenian tradisional, serta meningkatkan rasa penasaran siswa akan kesenian tradisional wayang beber Pacitan.

×
Penulis Utama : Yoyada Yorim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217082
Tahun : 2022
Judul : PENGANIMASIAN WAYANG BEBER PACITAN SEBAGAI APRESIASI SENI TRADISIONAL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DIKELAS XI ANIMASI SMK NEGERI 1 PACITAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran, video animasi, animasi, wayang beber Pacitan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M. Pd.
2. Dr. Margana, M. Sn
Penguji : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn.
2. Drs. Basuki Sumartono, M. Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.