Penulis Utama : Istiqomah Dita Maharani
NIM / NIP : H0818048
×

Istiqomah Dita Maharani. H0818048. 2022. “Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Buah Durian (Durio ziberthimus Murr.) di Karesidenan Surakarta”. Dibimbing oleh Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P. dan Mei Tri Sundari, S.P., M.Si. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Buah durian menjadi salah satu buah ikonik buah tropis di Asia Tenggara dengan julukannya “The King of Fruits”. Durian adalah buah yang memiliki citarasa yang khas dengan rasa manis, legit, dan sedikit pahit. Daging buah durian memiliki manfaat kesehatan karena memiliki kandungan gizi dan zat-zat yang baik bagi tubuh manusia, akan tetapi untuk sebagian orang harus menghindari buah durian karena tingginya jumlah kalori dalam buah durian. Manfaat buah durian yaitu mengandung antioksidan tinggi, anti-inflamasi, menjaga kelembaban kulit, pencuci darah efektif, dan sebagainya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut buah durian yang menjadi preferensi konsumen dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan dalam melakukan pembelian buah Durian (Durio Ziberthimus Murr.) di Karesidenan Surakarta. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100 dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif dan analitis. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive (sengaja) dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling yaitu accidental sampling. Analisis yang dilakukan yaitu analisis chi-square dan multi-atribut fishbein.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan buah durian yang menjadi preferensi konsumen adalah buah durian yang berasal dari durian lokal (98%), memiliki rasa manis (66%), aroma kuat sekali (menyengat) (58%), berukuran sedang (1,6 – 2,5 kg) (67%), kulit buah berwarna hijau kekuningan (44%), dan tekstur daging pulen kering (34%). Atribut buah durian yang paling dipertimbangkan konsumen adalah atribut rasa (21,53%).

Saran yang dapat diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian yang pertama yaitu sebaiknya penjual buah durian dapat mengetahui preferensi konsumen buah durian dan menyediakan buah sesuai dengan keinginan konsumen. Kedua, penjual buah durian dapat lebih memperhatikan rasa buah durian karena atribut tersebut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli buah durian. Penjual buah juga harus memperhatikan standar mutu buah durian agar buah yang dijual sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Penjual buah durian sebaiknya menyediakan buah durian yang berasal dari buah durian lokal, memiliki rasa manis, aroma kuat sekali (menyengat), berukuran sedang (1,6 – 2,5 kg), kulit buah berwarna hijau kekuningan, dan tekstur daging pulen kering.

×
Penulis Utama : Istiqomah Dita Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0818048
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH DURIAN (DURIO ZIBERTHIMUS MURR.) DI KARESIDENAN SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Chi-Square, Durian, Multi-atribut Fishbein, Preferensi Konsumen
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P.
2. Mei Tri Sundari., S.P., M.Si.
Penguji : 1. Ir. Agustono, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.