Penulis Utama : Anastasya Kurnia D
NIM / NIP : S032008001
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru terhadap Interactive Digital Worksheets (IDW) berbasis Level of Inquiry (LoI) untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di Sekolah Dasar; (2) Mengembangkan Interactive Digital Worksheets (IDW) berbasis Level of Inquiry (LoI) untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di Sekolah Dasar yang layak; (3) Mengetahui keefektifan Interactive Digital Worksheets (IDW) berbasis Level of Inquiry (LoI) untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di Sekolah Dasar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri atas tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi dengan relibilitas menggunakan alpha cronbach. Adapun validitas angket menggunakan korelasi product moment dengan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Adapun analisis data tahap pengujian produk dilakukan secara kuantitatif menggunakan Independent Sample t-tes dan uji efek.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pertama, belum tersedia lembar kerja digital interaktif di SD yang dapat menumbuhkan minat belajar serta melatih kemampuan proses sains peserta didik. Hasil kajian tentang analisis kebutuhan  peserta didik diketahui spesifikasi LKPD yang akan dikembangkan, seperti tampilan menarik, mudah digunakan, terdapat fitur interaktif, melibatkan berbagai media, dan meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar; (2) Kedua, penyusunan IDW berbasis LoI dilakukan dengan mengacu pada indikator kurikulum, pemrograman, tampilan, dan pembelajaran. Ujicoba terbatas dan uji coba lebih luas dan diikuti revisi berulang dengan melibatkan para pakar. Penyempurnaan produk penelitian ini menghasilkan IDW berbasis LoI yang layak untuk digunakan oleh peserta didik SD kelas V untuk meningkatkan keterampilan proses sains; (3) Ketiga, pengujian produk IDW berbasis LoI dilakukan melalui uji eksperimen semu menghasilkan produk IDW berbasis LoI yang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SD kelas V.

 

×
Penulis Utama : Anastasya Kurnia D
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S032008001
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN INTERACTIVE DIGITAL WORKSHEETS BERBASIS LEVEL OF INQUIRY (LoI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Interactive Digital Worksheets, Level of Inquiry, keterampilan proses sains, sekolah dasar.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/2088
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St Y Slmaet, M.Pd.
2. Dr. Idam Ragil W A, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Pd.
2. Dr. Sri Marmoah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.