Penulis Utama : Berliana Nada Ayu Violinda
NIM / NIP : F1219014
×

Kemajuan teknologi saat ini mendorong pemasar untuk beradaptasi dan mengubah strategi pemasaran yang digunakan. E-WOM atau electronic word of mouth adalah salah satu strategi yang bisa digunakan pemasar dalam pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi e-WOM pada e-commerce (perdagangan elektronik) Tokopedia dan pengaruhnya terhadap niat beli konsumen pada merek Somethinc. Model konseptual dalam penelitian ini meliputi kualitas informasi; kredibilitas informasi; kualitas situs web; inovasi; dukungan sosial; sikap terhadap e-WOM; keterlibatan dalam e-WOM; persepsi risiko; niat beli.
Sampel penelitian ini terdiri dari konsumen yang pernah menggunakan e-commerce (perdagangan elektronik) Tokopedia dan mengetahui produk dari merek Somethinc. Pengambilan sampel dilakukan pada 187 responden melalui survey dengan Google Formulir dan mendistribusikan kuesioner secara daring menggunakan fitur pesan langsung pada media Instagram, WhatsApp, dan Twitter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antar variabel berikut, yaitu kredibilitas informasi dengan keterlibatan dalam e-WOM; kualitas situs web dengan keterlibatan dalam e-WOM; inovasi dengan keterlibatan dalam e-WOM;  sikap terhadap e-WOM dengan keterlibatan dalam e-WOM; sikap terhadap e-WOM dengan niat beli; keterlibatan dalam e-WOM dengan niat beli dan persepsi risiko dengan niat beli. Kemudian untuk hubungan antar variabel kualitas informasi dengan keterlibatan dalam e-WOM dan dukungan sosial dengan keterlibatan dalam e-WOM menunjukkan hubungan yang tidak signifikan.
Keterbatasan dari penelitian ini adalah objeknya hanya terdiri dari satu e-commerce (perdagangan elektronik) dan satu produk saja, sehingga sulit untuk melakukan generalisasi dan tidak bisa digunakan pada semua situasi. Selain itu, pengambilan sampel juga dilakukan secara daring, sehingga bisa menimbulkan bias karena responden sulit bertanya jika ada kesulitan. Peneliti juga tidak bisa memastikan apakah responden benar – benar menggunakan Tokopedia dan mengetahui produk merek Somethinc. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan objek lebih dari satu agar hasil penelitian bisa di generalisasi dan digunakan untuk berbagai situasi. Kemudian peneliti selanjutnya juga diharapkan melakukan pengambilan sampel secara langsung agar bisa memastikan bahwa responden sesuai dengan kriteria.

×
Penulis Utama : Berliana Nada Ayu Violinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1219014
Tahun : 2023
Judul : Analisis Strategi E-WOM pada E-Commerce (Perdagangan Elektronik) Tokopedia dan Pengaruhnya terhadap Niat Beli Konsumen untuk Produk Skincare (Perawatan Kulit) Merek Somethinc
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2023
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kualitas informasi ; kredibilitas informasi ; kualitas situs web ; inovasi ; dukungan sosial ; sikap terhadap e-WOM ; keterlibatan dalam e-WOM ; persepsi risiko; niat beli.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amina Sukma Dewi S.E., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Lilik Wahyudi S.E., M.Si
2. Drs. Djoko Purwanto M.BA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.