Penulis Utama : Bayu Gibran Ramono
NIM / NIP : K3218012
×

ABSTRAK

 

Bayu Gibran Ramono. PELATIHAN CARD HOLDER DI SPEAKLESS LEATHER SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Sebelas Maret, 2022.

            Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan latar belakang didirikannya rumah industri kriya kulit Speakless Leather. 2) mendeskripsikan proses pelatihan card holder di “speakless leather” Sleman Yogyakarta.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menghasilkan data yang bersifat deskriptif memberikan fenomena yang ada. Sumber data memanfaatkan informan guna memberikan informasi, tempat peristiwa, dokumentasi. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi sistematis yang sudah ditentukan kerangkanya, wawancara untuk mengetahui hal-hal dari responden yang lebih dalam, dan dokumentasi foto serta catatan narasumber untuk melengkapi data. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Speakless Leather merupakan sebuah brand yang didirikan oleh Fajar Ryandoko. Ia adalah seorang kriyawan bidang kriya kulit khususnya kulit tersamak nabati. Dimulai Ryan mengikuti workshop Kriya Kulit yang diselenggarakan oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di Mall Yogyakarta. Ryan sangat tertarik belajar pada workshop tersebut, dengan hasil yang belum sempurna. Merasa belum puas dengan hasilnya, kemudian ia mulai belajar mendalami kerajinan kulit dengan mengikuti kelas pembelajaran nonformal di studio kriyawan kerajinan kulit nabati daerah Yogyakarta. Selain mendalami ilmu tentang teknik membuat kriya kulit, Ryan mempelajari ilmu tentang menjadi kriayawan kulit, sehingga Ia dapat merintis karirnya di bidang Kriya Kulit dan mendirikan brand yaitu Speakless Leather. Pelatihan Card Holder kelas privat di Speakless Leather dilaksanakan selama 3 jam 1 kali pertemuan pada Minggu, 21 Agustus 2022. Peserta pada pelatihan kelas privat hanya satu orang saja, yaitu Hedy dan diawasi secara pribadi oleh Ryan. Proses pelatihan yang dilakukan Speakless Leather sudah sesuai dengan menerapkan komponen pembelajaran. Desain produk kriya kulit yang diajarkan mampu nmenghasilkan karya produk Card holder yang memuaskan. Hasil pelatihan card holder di Speakless Leather yaitu, dapat memperoleh kemampuan dan wawasan dalam pembuatan Kriya Kulit, mulai dari pengetahuan dasar alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk kriya kulit hingga beberapa teknik cara mengolah bahan kulit dengan baik. Pembelajaran ini sebagai sarana kesinamabungan dan stabilitas seni budaya, untuk menjaga stabilitas dalam bidang Kriya Kulit perlu adanya berbagai inovasi. seperti berkolaborasi  guna meningkatkan inovasi dalam bidang Kriya Kulit.

×
Penulis Utama : Bayu Gibran Ramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3218012
Tahun : 2023
Judul : Pelatihan Card Holder di Speakless Leather Sleman Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: pelatihan, card holder, Speakless Leather
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd
2. Dr. Nanang Yulianto, S.Pd.,M.Ds
Penguji : 1. Dr. Edy Tri Sulistyo, M.Pd
2. Lili Hartono, S.Sn, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.