Penulis Utama : Muhammad Reidho Ilham Azhari
NIM / NIP : K2518046
×

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah sangat berkembang dengan pesat dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang pendidikan, dengan adanya perkembangan iptek dalam dunia pendidikan mempermudah semua sektor dalam pendidikan, terutama dalam proses pendidikan, mempermudah siswa atau mahasiswa dalam belajar dan mempermudah pendidik mengkreasikan Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: mengembangkan bahan ajar pada mata kuliah motor bakar yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan karakter mahasiswa. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini merupakan penelitian bahan ajar dengan menggunakan model pengembangan 4d yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate atau dapat diartikan juga dengan 4p sebagai berikut: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode validasi terdiri dari dau validasi angket dan validasi ahli (Validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi ahli bahasa), Penelitian ini juga menggunakan metode focus group discussion dengan berbagai ahli pada bidangnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian pengembangan e-modul mata kuliah motor bakar ini menunjukan hasil validasi ahli yang dilakukan mendapatkan hasil sangat layak dengan hasil validasi dari beberapa aspek yaitu: validasi ahli materi menunjukan hasil rata rata penilaian dengan hasil persentase 90% (sangat layak), validasi ahli media menunjukan hasil rata rata penilaian dengan hasil persentase 97% (sangat layak), validasi ahli bahasa menunjukan hasil rata rata penilaian dengan hasil persentase 90% (sangat layak), dari berbagai validasi yang dilakukan tersebut juga mendapatkan kritik/saran/masukan dari berbagai ahli yang menilai untuk dilakukan perbaikan e-modul. Hasil yang diperoleh dari focus group discussion yang dilakukan bersama ahli-ahli pada bidang otomotif menghasilkan beberapa sudut pandang terhadap modul elektronik motor bakar ini berupa kelebihan dan kekurangan sehingga masih harus dilakukan perbaikan pada modul tersebut. Hasil akhir dari pengembangan modul elektronik motor bakar ini dilakukan penyebaran secara terbatas di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta.

×
Penulis Utama : Muhammad Reidho Ilham Azhari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2518046
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH MOTOR BAKAR DENGAN METODE 4-D DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Modul elektronik, Motor Bakar, Model 4d
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.
Penguji : 1. Ngatau Rohman, S.Pd.,M.Pd.
2. Towip S.Pd.,M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.