Penulis Utama : Novita Rahmawati
NIM / NIP : H0418054
×

RINGKASAN

Novita Rahmawati (H0418054). Hubungan Penggunaan Media Sosial Whatsapp Group dengan Tingkat Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani dalam Program Pekarangan Pangan Lestari (Studi Kasus di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo). Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini dibawah bimbingan Ibu Dr. Emi Widiyanti, S.P., M.Si. dan Bapak Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc. 

WhatsApp Group merupakan salah satu media penyebaran informasi. Media Sosial WhatsApp Group ini tentunya akan memudahkan anggota dari suatu kelompok menerima informasi secara cepat dan signifikan. Penggunaan WhatsApp Group dalam hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat partisipasi anggota Kelompok Wanita Tani karena anggota Kelompok Wanita Tani yang tergabung dalam WhatsApp Group akan lebih mudah untuk menerima informasi dibandingkan anggota Kelompok Wanita Tani yang tidak tergabung dalam WhatsApp Group.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penggunaan media sosial WhatsApp Group pada anggota KWT dalam program P2L, 2) Mengetahui tingkat partisipasi anggota KWT baik yang tergabung dalam WhatsApp Groupmaupun yang tidak bergabung, 3) Mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial WhatsApp Group dengan tingkat partisipasi anggota KWT dalam program P2L, 4) Mengetahui perbedaan tingkat partisipasi antara anggota KWT yang tergabung dalam WhatsApp Group maupun tidak tergabung. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakanmetode penelitian penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Metode analisis data menggunakan rumus lebar interval, uji korelasi rank spearman, dan uji beda Mann Whitney dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Frekuensi anggota KWT dalam penggunaan WhatsApp Group termasuk dalam kategori selalu. Durasi anggota KWT dalam penggunaan WhatsApp Group termasuk dalam kategori lama. Penggunaan WhatsApp Group oleh anggota KWT termasuk dalam kategori sedang. Pemanfaatan WhatsApp Group oleh anggota KWT termasuk dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan Penggunaan Media Sosial WhatsApp Group oleh KWT Sekar Asri Mulyo termasuk dalam kategori rendah. 2) Tingkat Partisipasi anggota KWT dalam tahap perencanaan termasuk dalam kategori rendah. Tingkat Partisipasi anggota KWT dalam tahap pelaksanaan termasuk dalam kategori sedang. Tingkat Partisipasi anggota KWT dalam tahap pemanfaatan hasil termasuk dalam kategori sangat tinggi. Tingkat Partisipasi anggota KWT Sekar Asri Mulyo dalam tahap monitoring dan evaluasi termasuk dalam kategori sedang. Secara keseluruhan, Tingkat Partisipasi Anggota KWT Sekar Asri Mulyo termasuk dalam kategori tinggi. 3) Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara frekuensi penggunaan media sosial WhatsApp Group dengan Tingkat Partisipasi Anggota KWT, terdapat hubungan yang sangat signifikan antara durasi, partisipasi, dan pemanfaatan media sosial WhatsApp Group dengan Tingkat Partisipasi Anggota KWT, 4) terdapat perbedaan Tingkat Partisipasi Anggota KWT yang tergabung dalam WhatsApp Group dengan yang tidak tergabung dalam WhatsApp Group.

×
Penulis Utama : Novita Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0418054
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Penggunaan Media Sosial Whatsapp Group dengan Tingkat Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani dalam Program Pekarangan Pangan Lestari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2023
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Whatsapp Group, Tingkat Partisipasi, Kelompok Wanita Tani
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Emi Widiyanti, S.P., M.Si.
2. Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc.
Penguji : 1. Dr.Ir. Eny Lestari, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.