Penulis Utama : Mar'atu Sholiah
NIM / NIP : K7119151
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, (2) meningkatkan hasil belajar PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila Pancasila melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a Match, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SDN 1 Bumirejo. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dilaksanakan melalui tujuh langkah, yaitu: (a) penyiapan media, (b) pembagian kartu, (c) pencarian jawaban, (d) pencarian pasangan, (e) pemberian poin, (f) pengulangan teknik, (g) pembuatan kesimpulan, (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Bumirejo, (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) guru kesulitan mengondisikan siswa agar tidak saling bertanya mengenai jawaban kartu yang dipegang saat pencarian jawaban, (b) guru kurang membimbing siswa yang kesulitan saat mencari pasangan kartu, (c) beberapa kelompok tidak mendengaran teman yang sedang presentasi di depan kelas, (d) siswa berebut maju untuk menunjukkan kartu soal dan jawaban untuk pemberian poin. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru lebih memperhatikan seluruh siswa saat pencarian jawaban dan mengarahkan siswa agar percaya diri tidak saling bertanya saat mencari jawaban kartu, (b) guru lebih membimbing siswa yang kesulitan untuk mencari pasangan kartu, (c) guru memberikan peringatan kepada siswa untuk mendengarkan siswa yang sedang presentasi di depan kelas, (d) guru lebih mengondisikan siswa saat pemberian poin.

Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila pada siswa kelas II SDN 1 Bumirejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Mar'atu Sholiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119151
Tahun : 2023
Judul : Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Perilaku yang sesuai dengan Sila Pancasila menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Bumirejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : make a match, hasil belajar, PPKn
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.