Penulis Utama : Ulfah Fauziah
NIM / NIP : K7119267
×

ABSTRAK

Ulfah Fauziah. K7119267. Pembimbing I: Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si., Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KERJA SAMA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JATISARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2023

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dan kerja sama dalam pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun ajaran 2022/2023, 2) meningkatkan kreativitas melalui penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun ajaran 2022/2023, 3) meningkatkan kerja sama melalui penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) Kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis dokumen, dan penilaian produk kreatif. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda dapat meningkatkan kreativitas dan kerja sama pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari Tahun Ajaran 2022/2023 yang tepat adalah sebagai berikut: (a) menentukan pertanyaan mendasar; (b) merencanakan proyek; (c) membuat jadwal proyek; (d) mengawasi proyek; (e) menguji hasil; dan (f) evaluasi pengalaman. Hasil observasi penerapan model Project Based Learning terhadap guru pada siklus I dengan persentase 77,78%, siklus II dengan persentase 86,11%, dan siklus III dengan persentase 91,67%. Hasil observasi terhadap siswa pada siklus I dengan persentase 76,39%, siklus II dengan persentase 85,42%, dan siklus III dengan persentase 93,06%. (2) Penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda dapat meningkatkSan kreativitas siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil karya atau produk kreatif yang telah dibuat siswa pada setiap siklus pembelajaran. Rata-rata persentase hasil pada siklus I sebesar 76,32%, siklus II sebesar 85,04%, dan siklus III sebesar 87,26%. (3) Penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA perubahan wujud Benda dapat meningkatkan kerja sama siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan kerja sama siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang telah dilakukan pada setiap siklus pembelajaran. Rata-rata persentase hasil pada siklus I sebesar 75,82%, siklus II sebesar 83,72%, dan siklus III sebesar 88,32%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan kerja sama dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas, Kerja Sama

×
Penulis Utama : Ulfah Fauziah
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : K7119267
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerja Sama dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jatisari Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Project Based Learning, Kreativitas, Kerja Sama
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.