Penulis Utama : Atika Dwi Nursanti
NIM / NIP : K7120048
×

Atika Dwi Nursanti. K7120048. Pembimbing I: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. Pembimbing II: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA TENTANG TEKSTUR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2024.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PjBL untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Seni Rupa tentang tekstur pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024; (2) meningkatkan kreativitas melalui penerapan model PjBL dalam pembelajaran Seni Rupa tentang tekstur pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024; dan (3) mendeskripsikan dampak pengiring penerapan model PjBL untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Seni Rupa tentang tekstur pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes (observasi, wawancara, dokumen) dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model PjBL untuk meningkatkan kreativitas siswa yaitu: (a) penentuan proyek yang berkaitan dengan Seni Rupa; (b) perencanaan langkah penyelesaian proyek dalam pembelajaran Seni Rupa; (c) penentuan jadwal proyek dalam pembelajaran Seni Rupa; (d) pengawasan proyek saat pembelajaran Seni Rupa; (e) penyusunan laporan dan presentasi; dan (f) evaluasi proses dan hasil dalam pembelajaran Seni Rupa. Penerapan model PjBL telah meningkat dari siklus I hingga siklus III. Hasil observasi penerapan model PjBL terhadap guru menunjukkan persentase pada siklus I sebesar 79,86%, siklus II sebesar 85,76%, dan siklus III sebesar 91,67%. Rata-rata persentase observasi terhadap siswa pada siklus I sebesar 78,82%, siklus II sebesar 85,07%, dan siklus III sebesar 90,28%. (2) penerapan model PjBL dalam pembelajaran Seni Rupa tentang tekstur dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024. Rata-rata persentase hasil kreativitas siswa pada siklus I sebesar 78,78%, siklus II sebesar 85,29%, dan siklus III sebesar 90,36%. (3) dampak pengiring penerapan model PjBL pada siswa yang diukur melalui lembar observasi dan wawancara mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III. Peningkatan terjadi pada aspek disiplin, percaya diri, dan kerja sama. Rata-rata persentase dampak pengiring pada siklus I sebesar 79,04%, siklus II sebesar 85,16%, dan siklus III sebesar 89,24%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Atika Dwi Nursanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120048
Tahun : 2024
Judul : PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA TENTANG TEKSTUR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Project Based Learning, Kreativitas, Seni Rupa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.