Penulis Utama : Rizki Rohmat Nur Alim Isnaini
NIM / NIP : K2519076
×

Rizki Rohmat Nur Alim Isnaini. K2519076,  Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T., Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd., REKONSTRUKSI MATA KULIAH COMPUTER AIDED DESIGN 2 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan perangkat pembelajaran yang baik pada mata kuliah Computer Aided Design 2 di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret setelah direkonstruksi.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh Sivasailam Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik validasi instrumen penelitian menggunakan penilaian dari ahli materi dan ahli media (expert judgement) serta respon pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menghitung hasil persentase kelayakan dari penilaian ahli materi, ahli media, dan respon pengguna. Prosedur penelitian yang digunakan sesuai dengan langkah dari model 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Tahap define berisi menentukan CPMK mata kuliah dan menentukan hasil output penelitian. Tahap design berisi perancangan desain produk, penyusunan Modul Computer Aided Design 2, penyusunan jobsheet, penyusunan video pembelajaran. Tahap develop berisi validasi ahli materi, validasi ahli media, Uji coba produk dan respon pengguna. Tahap disseminate berisi Implementasi dalam pembelajaran mata kuliah Computer Aided Design 2.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rekonstruksi berupa modul, jobsheet, dan video pembelajaran dapat diterima dan memenuhi syarat kelayakan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Computer Aided Design 2. Hal ini dapat dilihat pada hasil persentase kelayakan dari ahli materi mendapatkan nilai 92,87% dengan kategori sangat layak. Lalu dengan hasil penilaian dari ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 87,84% dengan kategori sangat layak. Sedangkan pada penilaian dari respon mahasiswa dengan diisi oleh 70 mahasiswa didapat persentase sebesar 84,54%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran hasil rekonstruksi sangat layak digunakan.

Dengan proses rekonstruksi pada mata kuliah Computer Aided Design 2, maka implikasi yang dapat diambil adalah berdasarkan data hasil penelitian, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat sangat layak untuk digunakan dalam mata kuliah Computer Aided Design 2.

×
Penulis Utama : Rizki Rohmat Nur Alim Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519076
Tahun : 2023
Judul : REKONSTRUKSI MATA KULIAH COMPUTER AIDED DESIGN 2 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci :rekonstruksi, Computer Aided Design 2, modul, jobsheet, video pembelajaran, research and development
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T.
2. Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.
2. Towip, S.Pd., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.