Penulis Utama : Rosidatun Nurislami
NIM / NIP : K2519078
×

Rosidatun Nurislami. K2519078. Pembimbing I: Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II: Budi Harjanto, S.T., M.Eng. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK WARGA SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran teaching factory dan sarana prasarana sekolah terhadap hasil belajar kompetensi keahlian teknik pemesinan di SMK Warga Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan desain penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII pada kompetensi keahlian teknik pemesinan di SMK Warga Surakarta yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi sebagai sampel atau total sampling. Teknik pengumpulan data untuk variabel bebas menggunakan instrumen kuesioner dengan skala likert berupa checklist. Sedangkan pengumpulan data untuk variabel terikat menggunakan studi dokumenter. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga temuan. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran teaching factory terhadap hasil belajar kompetensi keahlian teknik pemesinan, dengan perolehan t hitung 4,198 > t tabel 1,99495, dan untuk kontribusi pengaruhnya sebesar 28%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana sekolah terhadap hasil belajar kompetensi keahlian teknik pemesinan, dengan perolehan t hitung 6,271 > t tabel 1,99495, dan kontribusi pengaruhnya sebesar 44,7%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran teaching factory dan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar kompetensi keahlian teknik pemesinan, dengan perolehan f hitung 91,731 > f tabel 3,13, dan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar kompetensi keahlian teknik pemesinan sebesar 72,7%.

×
Penulis Utama : Rosidatun Nurislami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519078
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory dan Sarana Prasarana Sekolah Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Warga Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : model pembelajaran, teaching factory, sarana prasarana sekolah, hasil belajar, teknik pemesinan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd.
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng.
Penguji : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si.
2. Towip, S.Pd., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.