Penulis Utama : Alfiati
NIM / NIP : T841908016
×

Alfiati. T841908016. 2022. Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berwawasan Kebangsaan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam. Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. (Promotor), Prof. Dr. Andayani, M.Pd  (Ko. Promotor I), Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. (Ko. Promotor II).

Menulis Ilmiah merupakan salah satu mata kuliah yang penting dan utama untuk diajarkan di perguruan tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kondisi buku ajar mata kuliah umum bahasa Indonesia yang digunakan mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam saat ini; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kondisi kebutuhan buku ajar mata kuliah umum bahasa Indonesia bagi mahasiswa dan dosen di Perguruan Tinggi Agama Islam, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan proses pengembangan draf buku digital sebagai buku ajar menulis ilmiah berwawasan kebangsaan untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam, (4) menemukan keefektifan  buku ajar digital sebagai buku ajar kemampuan menulis ilmiah berwawasan kebangsaan untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D), dengan menggunakan pengembangan Borg and Gall melalui sepuluh tahap, yaitu  (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian,(3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal (terbatas), (5) revisihasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapanganluas, (8) uji kelayakan, (9) revisi hasil uji kelayakan, dan (10) diseminasi dansosialisasi produk akhir. Teknik pengumpulan data pada uji terbatas menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen, sedangkan pada uji coba leboh luas menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Pada tahap pengujian menggunakan tes.

Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kondisi buku yang digunakan pada mata kuliah umum bahasa Indonesia masih perlu untuk disempurnakan dengan meninjau beberapa aspek pada penilaian buku ajar. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa buku ajar yang digunakan masih banyak yang belum terdapat latihan untuk melatih kemampuan menulis ilmiah mahasiswa. (2) Dosen dan mahasiswa membutuhkan buku ajar mata kuliah umum bahasa Indonesia yang dapat memberikan kontribusi pada mahasiswa dalam kegiatan menulis ilmiah. Dibutuhakn sebuah buku ajar digital bahasa Indonesia agar mahasiswa dapat menulis ilmiah sesuai kaidah bahasa Indonesia dan menarik. (3) Buku ajar digital yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik ditinjau dari hasil kelayakan ahli materi, media, maupun respon dosen dan mahasiswa sebagai pengguna. (4) Hasil uji keefektifan ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dengan menggunakan buku ajar digital bahasa Indonesia berwawasan kebangsaan lebih baik daripada mahasiswa yang tidak menggunakan buku ajar digital bahasa Indonesia berwawasan kebangsaan.

×
Penulis Utama : Alfiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841908016
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berwawasan Kebangsaan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Pendidikan Bahasa Indonesia - T841908016 - 2023
Kata Kunci : Buku Ajar Digital, Wawasan Kebangsaan, Kemampuan Menulis Ilmiah
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
3. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd.
3. Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.