Penulis Utama : Sri Adhi Endaryati
NIM / NIP : S032102009
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap e-modul flipbook berbasis Problem Based Learning dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik Selalu Berhemat Energi kelas IV sekolah dasar; (2) mendeskripsikan hasil pengembangan e-modul flipbook berbasis Problem Based Learning dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik Selalu Berhemat Energi siswa kelas IV sekolah dasar; dan (3) menemukan keefektifan penggunaan e-modul flipbook berbasis Problem Based Learning dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik Selalu Berhemat Energi siswa kelas IV sekolah dasar. 
Penelitian ini mengembangkan produk e-modul flipbook berbasis Problem Based Learning untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik Selalu Berhemat Energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R& D) dengan model pengembangan Sukmadinata (2012) yang terdiri dari tiga tahap. Tahap 1 yaitu pendahuluan yang mencakup studi pustaka, survei lapangan, dan penyusunan draft produk. Tahap 2 yaitu pengembangan yang mencakup perancangan  (design),  pengembangan (development), uji coba terbatas, dan uji coba luas. Tahap 3 yaitu uji keefektifan dan diseminasi (disemination). Uji keefektifan dianalisis dengan  independent sample t test dan uji effect size Cohen’s. 
Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) siswa dan guru membutuhkan modul berbentuk elektronik yang berbasis model pembelajaran inovatif seperti model Problem Based Learning berbentuk e-modul flipbook; (2) hasil pengembangan e-modul flipbook berbasis Problem Based Learning  dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran tematik Selalu Berhemat Energi oleh pengguna dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa; dan (3) e-modul  flipbook berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam pembelajaran tematik Selalu Berhemat Energi. 

×
Penulis Utama : Sri Adhi Endaryati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S032102009
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Tematik Kelas IV SD di Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : keterampilan berpikir kritis; pembelajaran tematik; Problem Based Learning
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.