Penulis Utama : Sely Hanifah
NIM / NIP : K7119243
×

Sely Hanifah. K7119243. Pembimbing I: Dr. Moh. Salimi, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLANELGRAF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI JEMUR TAHUN AJARAN 2022/ 2023, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media flanelgraf, (2) meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media flanelgraf, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media flanelgraf untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa.

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kualitatif dan kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media flanelgraf untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa dilaksanakan dengan langkah-langkah (a) penyampaian materi dengan media, (b) pembagian kartu soal dan jawaban, (c) pencarian pasangan kartu, (d) presentasi, (e) pengulangan teknik, dan (f) penyampaian kesimpulan; (2) meningkatnya keterampilan membaca aksara Jawa pada siklus I sampai siklus III. Rata-rata persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 71,43%, siklus II sebesar 80,95%, dan siklus III sebesar 90,48%; (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) siswa gaduh sehingga tidak memerhatikan instruksi guru, (b) guru kurang menyeluruh dalam membimbing siswa, (c)  manajemen waktu yang kurang dalam pencarian pasangan, dan (d) siswa kurang fokus dalam penyampaian kesimpulan. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru mengondisikan kelas agar kondusif, dapat pula dijelaskan saat penjelasan alur permainan, (b) guru sebaiknya lebih dalam membimbing siswa secara menyeluruh, (c) guru menguasai skenario pembelajaran dan mengondisikan kelas agar siswa tertib sehingga kegiatan berjalan dengan estimasi waktu yang direncanakan, (d) guru membimbing siswa agar tetap fokus dan aktif dalam menanggapi di kegiatan penyampaian kesimpulan.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas III SD Negeri Jemur tahun ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Make a Match, Flanelgraf, Keterampilan Membaca Aksara Jawa

×
Penulis Utama : Sely Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119243
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Flanelgraf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas III SD Negeri Jemur Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Make a Match, Flanelgraf, Keterampilan Membaca Aksara Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Salimi, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.