Penulis Utama : Laeli Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118132
Tahun : 2022
Judul : Peningkatan Kemampuan Membaca Aksara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Multimedia pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangsari Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Jawa, (2) untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsari tahun ajaran 2021/2022.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsari tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia dilaksanakan melalui tujuh langkah, yaitu: (a) penyiapan media (kartu dan liveworksheets), (b) pembagian kartu, (c) pencarian jawaban, (d) pencarian pasangan, (e) pemberian poin, (f) pengulangan teknik, (g) pembuatan kesimpulan; (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV; pada siklus I rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 66,66%, siklus II meningkat menjadi 79,16%, dan siklus III meningkat menjadi 85,41%; dan (3) Kendala utama penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia yaitu siswa gaduh dan kurang tertib, siswa saling bertanya jawaban kartu, beberapa siswa enggan berpasangan dengan lawan jenis, dan siswa saling berebut ingin menunjukkan kartunya saat pemberian poin sehingga kurang memperhatikan kartu teman. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: mengatur, menguasai, dan memperhatikan siswa di kelas, memberikan pengarahan agar siswa bekerja sama, memberikan motivasi saat siswa mulai bosan, mengarahkan siswa agar menunggu giliran diperiksa kartunya.

            Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan multimedia dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsari tahun ajaran 2021/2022.

  Kata Kunci: make a match, multimedia, aksara Jawa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dr. Moh. Salimi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP