Penulis Utama : Garnis Maharani N P
NIM / NIP : R0219032
×

Garnis Maharani Nugroho Putri, R0219032, 2023. Hubungan Pengetahuan K3 dan Safety Awareness dengan Unsafe Action Pekerja Packer Tuban 1 PT. Semen Indonesia Tuban, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Menurut teori dari Heinrich (1931) kecelakaan kerja merupakan kejadian tidak terduga yang disebabkan oleh perilaku tidak aman (unsafe action) dan kondisi tidak aman (unsafe condition). Kecelakaan kerja yang disebabkan karena perilaku tidak aman dari pekerja sebesar 80 - 85%, sedangkan untuk kondisi tidak aman sebesar 15 - 20%, sehingga kecelakaan kerja yang disebabkan karena perilaku tidak aman (unsafe action) memiliki persentase lebih tinggi, dimana area kerja packer (pengantongan) telah memiliki 110 kejadian unsafe action pada tahun 2022. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pengetahuan K3 dan safety awareness dengan unsafe action pada pada pekerja area Packer Tuban 1 di PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban.

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei atau self administered survey. Responden penelitian ini adalah pekerja area packer Tuban 1 sejumlah 113 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan kuesioner pengetahuan K3, safety awareness dan unsafe action. Teknik analisis data untuk bivariat menggunakan uji Somers’d dan multivariat menggunakan regresi logistik ordinal.

Hasil : Hasil korelasi Somers’d menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan K3 dan safety awareness dengan unsafe action pada pekerja packer Tuban 1 PT. Semen Indonesia Tuban dengan nilai p = 0,000 untuk keduanya. Hasil uji regresi logistik ordinal dihasilkan nilai kekuatan hubungan (OR) yang paling besar adalah pada variabel pengetahuan K3 (5, 59 kali terhadap unsafe action).

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel yaitu pengetahuan K3 dan safety awareness dengan unsafe action pada pekerja packer Tuban 1 PT. Semen Indonesia Tuban

×
Penulis Utama : Garnis Maharani N P
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : R0219032
Tahun : 2023
Judul : HUBUNGAN PENGETAHUAN K3 DAN SAFETY AWARENESS DENGAN UNSAFE ACTIONPEKERJA PACKER TUBAN 1 PT. SEMEN INDONESIA TUBAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Unsafe Action, Pengetahuan K3, Safety Awareness, Pekerja packer
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST, M.KKK.
2. Farhana Syahrotun Nisa S, S.ST., M.KKK
Penguji : 1. Maria Paskanita W, SKM, M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.