Penulis Utama : Justicia Shabirina Kusumadewi
NIM / NIP : B0519027
×

Justicia Shabirina Kusumadewi. NIM B0519027. Analisis Teknik Dan Kualitas Terjemahan Kalimat Negatif Dalam Buku Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau’ Al-Kitab Wa As-Sunnah Karya Syaikh Shalih Bin Abdul Aziz Bin Muhammad Alu Asy-Syaikh. Skripsi Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk dan jenis kalimat negatif yang muncul dalam buku Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau’ Al-Kitab Wa As-Sunnah, (2) teknik terjemahan yang digunakan untuk menerjemahkan kalimat negatif pada buku Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau’ Al-Kitab Wa As-Sunnah, (3) kualitas terjemahan kalimat negatif pada buku Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau’ Al-Kitab Wa As-Sunnah.

Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat negatif pada terjemahan buku Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau’ Al-Kitab Wa As-Sunnah karya Izzudin Karimi, Lc dan kualitas terjemahan yang diberikan oleh tiga responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat, kuisioner, dan wawancara mendalam.

Hasil pada penelitian ini adalah sebagai berikut: terdapat tujuh bentuk Al-Jumlatul-Manfiyyah dengan 2 jenis kalimat yaitu jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyyah dan terdapat dua bentuk pengingkaran dengan jenis deklaratif. Penelitian ini ditemukan 12 teknik penerjemahan yaitu teknik kesepadanan lazim (49%), teknik amplifikasi (17,6%), teknik peminjaman (8,2%), teknik reduksi (5,4%), teknik transposisi (5,2%), teknik kompensasi (4,6%), teknik modulasi (4,4%), teknik kreasi diskursif (2,7%), teknik penerjemahan harfiah (1,1%), teknik adaptasi  (0,8%), teknik deskripsi (0,5%), dan teknik partikularisasi (0,5%).

Dari 93 data, 82 data diterjemahkan secara akurat, diterima, dan memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. dapat ditarik simpulan bahwa hasil penilaian kalimat negatif dalam Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau’ Al-Kitab Wa As-Sunnah termasuk dalam kategori baik dengan rerata skor akhir terjemahan yaitu 2,83.

×
Penulis Utama : Justicia Shabirina Kusumadewi
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : B0519027
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS TEKNIK DAN KUALITAS TERJEMAHAN KALIMAT NEGATIF DALAM BUKU AL-FIQHUL MUYASSAR FI DHAU’ AL-KITAB WA AS-SUNNAH KARYA SYAIKH SHALIH BIN ABDUL AZIZ BIN MUHAMMAD ALU ASY-SYAIKH
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kalimat negatif, teknik terjemahan, dan kualitas terjemahan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A.
Penguji : 1. Dr. Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A.
2. Abdul Malik. S.S., M.Hum.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.