Penulis Utama : Nanda Aulia Adesti Nurraya
NIM / NIP : K7119184
×

Nanda Aulia Adesti Nurraya. K7119184. Pembimbing I: Drs. Ngatman, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si. PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA AKIBAT KALOR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret pada materi perubahan suhu dan wujud benda akibat kalor (3) mendeskripsikan respon siswa dari penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini, yaitu: (1) langkah-langkah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret yaitu: (a) membangun pemikiran siswa dengan media konkret, (b) inkuiri dengan media konkret, (c) tanya jawab, (d) sistem belajar kelompok dengan media konkret, (e) pemodelan dengan media konkret, (f) refleksi pada akhir pembelajaran, (g) penilaian nyata. (2) penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan suhu dan wujud benda akibat kalor pada siswa kelas V SDN 3 Tamanwinangun. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil belajar IPA ranah kognitif siklus I=76,78%, siklus II=83,92%, siklus III=92,86%. Persentase ranah afektif siklus I=74,99%, siklus II=83,33% dan siklus III=88,88%. Persentase ranah psikomotor siklus I= 73,60%, siklus II= 83,33%, dan siklus III = 91,66%. (3) respon siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I=70,41%, siklus II=84,05% dan siklus III=93,03%.

Kesimpulan penelitian ini yaitu model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan suhu dan wujud benda akibat kalor pada siswa kelas V SDN 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Nanda Aulia Adesti Nurraya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119184
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Suhu dan Wujud Benda Akibat Kalor pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, media konkret, hasil belajar IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dr. Moh. Salimi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.