Penulis Utama : Sahda Nabilah Qurrotul `aini
NIM / NIP : K3319061
×

Sahda Nabilah Qurrotul’Aini. K3319061. Pembimbing I: Lina Mahardiani, S.T., M.Sc., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Mohammad Masykuri, M.Si. .PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli. 2023.

            Pembelajaran yang digunakan di SMA Islam 1 Surakarta pada mata pelajaran kimia masih konvensional yaitu menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode praktikum dengan modul dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan modul praktikum berbasis PBL pada materi stoikiometri, (2) mengukur tingkat kelayakan modul praktikum berbasis PBL pada materi stoikiometri, (3) menganalisis keefektifan modul praktikum berbasis PBL pada materi stoikiometri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Islam 1 Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Tahapan pelaksanaan terdiri dari analisis kebutuhan, pembuatan desain modul, penyusunan modul praktikum, uji validasi produk, uji coba kelompok kecil, implementasi, dan evaluasi. Pengembangan modul praktikum ini hanya dibatasi untuk diterapkan pada satu kelas peserta didik di SMA Islam 1 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul praktikum berbasis PBL pada materi stoikiometri: konsep mol dan pereaksi pembatas berhasil dikembangkan dengan karakteristik modul yang baik yaitu karakteristik yaitu self intruction, self contained, stand alone, adaptive, dan user friendly, serta sintaks PBL yang telah terpenuhi, (2) kelayakan modul praktikum berbasis PBL pada materi stoikiometri: konsep mol dan pereaksi pembatas diperoleh hasil bahwa modul tersebut sangat layak digunakan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 93,05% oleh tim ahli validasi yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan serta 83,35% oleh peserta didik, (3) keefektifan modul praktikum berbasis PBL pada materi stoikiometri: konsep mol dan pereaksi pembatas cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa. N-gain score menunjukkan peningkatan sebesar 57,05%. Hasil observasi keterampilan dan sikap siswa yang mengalami peningkatan dari sebelum dan sesudah perlakuan cenderung dalam kategori sedang. Modul praktikum berbasis PBL ini dapat membantu meningkatkan keterampilan dan sikap siswa dengan hasil yang cukup efektif.

×
Penulis Utama : Sahda Nabilah Qurrotul `aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3319061
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Stoikiometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Islam 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengembangan, Modul Praktikum, Hasil Belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lina Mahardiani, S.T., M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
Penguji : 1. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
2. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.