Penulis Utama : Wahyu Kartikasari
NIM / NIP : K7119272
×

Wahyu Kartikasari. K7119272. Pembimbing I: Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Suhartono, M.Pd. PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 CANGAKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Guided Note Taking untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Cangakan tahun ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui metode Guided Note Taking pada siswa kelas V SD Negeri 1 Cangakan tahun ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan metode Guided Note Taking tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Cangakan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Cangakan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Guided Note Taking dilaksanakan melalui lima langkah yaitu: pembagian lembar catatan, penyampaian materi pembelajaran dan pembimbingan pengisian lembar catatan, pembacaan lembar catatan, klarifikasi, dan evaluasi. (2) penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan persentase ditunjukkan pada peningkatan hasil belajar mencapai 85,31%; (3) kendala yang terjadi antara lain: siswa sulit dikondisikan, siswa kebingungan mengisi lembar catatan, siswa membenarkan jika ada jawaban mereka yang salah, siswa yang saling bertanya saat mengerjakan soal evaluasi, siswa sulit fokus untuk memperhatikan setiap arahan yang diberikan, dan siswa belum berani mempresentasikan hasil catatan di depan kelas. Solusi yang dilakukan yaitu: guru lebih tegas supaya siswa tertib dan mudah diatur, siswa harus memperhatikan penjelasan guru terkait cara mengisi lembar catatan, siswa harus jujur dalam mengoreksi jawaban mereka, siswa diberi penjelasan oleh guru agar lebih jujur dalam mengerjakan soal evaluasi, guru memberikan ice breaking supaya siswa fokus, guru memberikan motivasi kepada siswa supaya tidak malu dan terbiasa untuk berani tampil.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Cangakan tahun ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Guided Note Taking, peningkatan hasil belajar, IPS

×
Penulis Utama : Wahyu Kartikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119272
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Cangakan Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Pendidikan Guru SD - K7119272 - 2023
Kata Kunci : Guided Note Taking, peningkatan hasil belajar, IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Rokhmaniyah , M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.