Penulis Utama : Ellanda Rima Ervyanna
NIM / NIP : S531908019
×

Latar Belakang. Pengetahuan dan pola asuh ibu berpengaruh pada status gizi dan kesehatan balita. Selain itu, pemberian ASI eksklusif juga berpengaruh terhadap status gizi dan status kesehatan balita karena pada ASI terkandung nutrisi-nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan bayi, serta terkandung zat kekebalan tubuh yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan bayi semakin meningkat sehingga membutuhkan makanan pendamping ASI karena ASI saja tidak mencukupi kebutuhan balita. Pemberian MPASI pangan lokal direkomendasikan untuk meningkatkan status gizi bayi karena akses mudah dan terjangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu, pola asuh, pemberian ASI eksklusif, dan MPASI pangan lokal ikan laut dengan status gizi, frekuensi sakit, dan lama sakit bayi.
Metode. Subjek penelitian ini adalah bayi 6-12 bulan. Lokasi penelitian di wilayah kerja puskesmas Singotrunan Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan cross sectional analitik korelasional. Jumlah subjek adalah 171 bayi dipilih menggunakan simple random sampling. Variabel independen yaitu pengetahuan ibu, pola asuh, pemberian ASI eksklusif, dan MPASI pangan lokal ikan laut, sedangkan variabel dependen yaitu status gizi, frekuensi sakit, dan lama sakit. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat pengukur berat badan dan panjang badan. Analisis data menggunaka uji korelasi gamma dan uji regresi ordinal.
Hasil: Tidak ada hubungan pengetahuan ibu dengan status gizi (p=0,517). Ada hubungan pengetahuan ibu dengan frekuensi sakit diare (p=0,001) dan ISPA (p=0,001). Ada hubungan pengetahuan ibu dengan lama sakit diare (p=0,012) dan ISPA (p=0,001). Tidak ada hubungan pola asuh dengan status gizi (p=0,712). Tidak ada hubungan pola asuh dengan frekuensi sakit diare (p=0,165) dan ISPA (p=0,137). Tidak ada hubungan pola asuh dengan lama sakit diare (p=0,251) dan ISPA (p=0,456). Ada hubungan pemberian ASI eksklusif dengan status gizi (p=0,023). Ada hubungan pemberian ASI eksklusif dengan frekuensi sakit diare (p=0,001) dan ISPA (p=0,001). Ada hubungan pemberian ASI eksklusif dengan lama sakit diare (p=0,001) dan ISPA (p=0,001). Tidak ada hubungan pemberian MPASI pangan lokal ikan laut dengan status gizi (p=0,153). Ada hubungan pemberian MPASI pangan lokal ikan laut dengan frekuensi sakit diare (p=0,001) dan ISPA (p=0,030). Ada hubungan pemberian MPASI pangan lokal ikan laut dengan diare (p=0,053) dan ISPA (p=0,028).
Kesimpulan: ASI eksklusif berhubungan dengan status gizi, frekuensi sakit, dan lama sakit. Pola asuh tidak berhubungan dengan  status gizi, frekuensi sakit, lama sakit. Pengetahuan ibu dan MPASI pangan lokal ikan laut tidak berhubungan dengan status gizi, tetapi berhubungan dengan frekuensi sakit dan lama sakit.

 

×
Penulis Utama : Ellanda Rima Ervyanna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531908019
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Pengetahuan Ibu, Pola Asuh, Pemberian ASI Eksklusif, dan MPASI Pangan Lokal Ikan Laut dengan Status Gizi, Frekuensi Sakit, dan Lama Sakit Bayi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Kata kunci: Pengetahuan ibu, pola asuh, ASI eksklusif, MPASI pangan lokal ikan laut, status gizi, frekuensi dan lama sakit
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijhhsfimaweb.info/index.php/IJHHS/article/view/476
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr., Sp. A (K)
2. Prof. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si
Penguji : 1. Dr. Anik Lestari, dr., M.Kes
2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep.,Ns., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.