Penulis Utama : Ghina Hanifa
NIM / NIP : R0219033
×

Ghina Hanifa, R0219033, 2019. Pengaruh Video Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang APAR Pada Pekerja Area Weaving Di PT Iskandartex, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Bagian produksi di PT Iskandartex yaitu proses weaving melibatkan enam mesin setiap proses kerjanya, dimana pernah terjadi kebakaran akibat konslet pada mesin winding pada tahun 2022 dan menimbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran. Sarana proteksi kebakaran yang ada di perusahaan adalah APAR, penggunaan APAR harus didukung dengan adanya pengetahuan tentang APAR. Setelah dilakukan survei awal pada area weaving mayoritas pekerja adalah perempuan dan belum menerima edukasi tentang APAR, Pengetahuan dapat ditingkatkan melalui banyak hal seperti melakukan sosialisasi, pelatihan penggunaan APAR, dan melalui video edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video edukasi terhadap tingkat pengetahuan tentang APAR pada pekerja area weaving di PT Iskandartex.

Metode : Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen dengan metode quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Responden merupakan pekerja area weaving di PT Iskandartex berjumlah 98 responden dari total populasi 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan APAR responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Marginal Homogeneity dan uji Chi Square 3x3.

Hasil : Hasil uji Marginal Homogeneity kelompok eksperimen menunjukkan p value sebesar 0.000 (p <!--[if gte msEquation 12]>?<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> 0.05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara video edukasi dan pengetahuan APAR, dimana terjadi peningkatan pengetahuan tentang APAR secara signifikan setelah diberi intervensi berupa video edukasi tentang APAR, sedangkan pada kelompok kontrol menunjukkan p value sebesar 0.317 (p <!--[if gte msEquation 12]>><![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> 0.05) yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan APAR. Pada uji Chi Square Post-Test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan p value sebesar 0.005 (p <!--[if gte msEquation 12]>?<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> 0.05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara video edukasi terhadap tingkat pengetahuan APAR bagi kelompok eksperimen yang diberi intervensi video dan sebaliknya.

Simpulan : Video edukasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan tentang APAR pada pekerja area weaving di PT Iskandartex

×
Penulis Utama : Ghina Hanifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219033
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Video Edukasi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Apar pada Pekerja Area Weaving di PT Iskandartex
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengetahuan, APAR, Video Edukasi.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita Widjanarti, S.K.M., M.Sc
2. Erindra Budi Cahyanto, S.Kep,Ns,M.Kes
Penguji : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.