Penulis Utama : Fabiola Marta Cahyanti
NIM / NIP : K8419029
×

Fabiola Marta Cahyanti. K8419029. Pembimbing I: Dr. Danang Purwanto. Pembimbing II: Bagas Narendra Parahita, S.Pd, M.Si. PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY SOUVENIR DOMPET BATIK DI DESA DELANGGU KECAMATAN DELANGGU KABUPATEN KLATEN. Skripsi,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran modal sosial  dalam pengembangan Home Industry Souvenir Dompet Batik di Desa Delanggu dan menjelaskan strategi menghadapi tantangan pengembangan usaha pada era ekonomi digital. Home industry merupakan kegiatan wirausaha yang turut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Perkembangan usaha menjadi fokus bagi pelaku usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan kelangsungan sektor usaha yang kompetitif dan kolaboratif. Di balik kontribusinya, dihadapkan pada permasalahan peningkatan persaingan usaha pada era ekonomi digital, maka diperlukan peran modal sosial dan strategi menghadapi tantangan dalam pengembangan usaha agar berdaya saing dan terjaga eksistensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria informan berdasarkan masa kerja sekitar dua hingga lima tahun di home industry souvenir dompet batik. Informan berjumlah enam orang meliputi pemilik usaha, pengrajin, penjahit, admin e-commerce, pemotong bahan baku, dan pengemas produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif pasif, wawancara semi-terstruktur untuk menggali informasi kepada informan terkait permasalahan yang diteliti dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan modal sosial (jaringan sosial, kepercayaan dan norma) berperan terhadap pengembangan home industry souvenir dompet batik. Peran jaringan sosial memperluas hubungan kerja sama pemilik usaha dengan karyawan dan mitra bisnis (supplier dan distributor) pada proses produksi hingga penjualan. Supplier memenuhi kebutuhan bahan baku dan distributor meningkatkan jumlah penjualan. Kepercayaan berperan mempererat hubungan kerja sama dengan karyawan maupun mitra bisnis. Norma resiprokal berperan sebagai pedoman membuat kesepakatan dan pemecahan persoalan mitra bisnis dan kelompok pekerja di home industry. Strategi meningkatkan eksistensi dan pengembangan usaha juga dilakukan dengan pemanfaatan teknologi digital berupa platform e-commerce dan media sosial sebagai media pemasaran produk dan perluasan jaringan sosial di era ekonomi digital.

×
Penulis Utama : Fabiola Marta Cahyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8419029
Tahun : 2023
Judul : PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY SOUVENIR DOMPET BATIK DI DESA DELANGGU KECAMATAN DELANGGU KABUPATEN KLATEN
Edisi :
Imprint : UNS - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Modal Sosial, Home Industry, Ekonomi Digital
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Danang Purwanto
2. Bagas Narendra Parahita, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.