Penulis Utama : Nahdah Afifah
NIM / NIP : K1319050
×

Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi model pembelajaran manakah yang menghasilkan pemahaman konsep matematis lebih baik, antara model LC7E atau model langsung pada materi fungsi kuadrat, Mengidentifikasi manakah siswa yang menghasilkan pemahaman konsep matematis lebih baik diantara tingkat minat belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi fungsi kuadrat, Mengidentifikasi pada masing-masing model LC7E dan model langsung, siswa dengan minat belajar manakah yang menghasilkan pemahaman konsep matematis lebih baik pada materi fungsi kuadrat, serta Mengidentifikasi pada masing-masing tingkat minat belajar tinggi, sedang, dan rendah, siswa dengan model pembelajaran manakah yang menghasilkan pemahaman konsep matematis lebih baik pada materi fungsi kuadrat.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2022./2023. Sampel yang digunakan yaitu kelas X TPM 1 terdapat 13 siswa dan kelas X TKRO 1 terdapat 12 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket minat belajar dan tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Model LC7E memberikan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada model langsung pada materi fungsi kuadrat, Siswa dengan minat belajar tinggi memberikan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada siswa dengan minat belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan minat belajar sedang memberikan pemahaman konsep matematis yang sama dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah pada materi fungsi kuadrat, Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan minat belajar tinggi memberikan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada siswa dengan minat belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan minat belajar sedang memberikan pemahaman konsep matematis yang sama dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah, serta Pada masing-masing minat belajar, siswa yang memperoleh model pembelajaran LC7E memberikan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh model langsung.

×
Penulis Utama : Nahdah Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319050
Tahun : 2023
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Learning Cycle 7E (LC7E), minat belajar, pemahaman konsep matematis, fungsi kuadrat.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Laila Fitriana S.Pd, M.Pd.
2. Ario Wiraya S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.