Penulis Utama : Hebby Ilma Dini
NIM / NIP : S262108019
×

Perkembangan teknologi ini mengakibatkan peralihan yang signifikan untuk pelaku UMKM, yang tadinnya secara offline sekarang diera media digital pemasaran dapat dijangkau oleh khalayak umum secara online. Di Kabupaten Tegal terdapat pemanfaatan melalui media digital untuk memajukan UMKM, disebut dengan platform, platform ini dikelola oleh beberapa mentor yang berfungsi untuk memberi informasi mengenai bagaimana pemasaran melalui media digital hingga terdapat penjualan lewat platform tersebut.Platform UMKM Bangkit ini dibuat untuk menjadi jawaban dari permasalahan pemasaran lewat media digital oleh UMKM. Mentor membuat platform ini sebagai alat untuk menyampaikan pesan mengenai pemasaran hingga transaksi yang bisa diakses dari mana saja, karenabersifat secara online atau lewat media digial. Platform ini dikenalkan oleh pelaku UMKM bersama dengan pelatihan- pelatihhan yang dapat diikuti sesuai dengankebutuhan dan juga keinginan dari pelaku UMKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mentor melalui media digital dapat memproses produksi pesan untuk platform yang telah ada. penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana proses memproduksi pesan yang bisa disampaikan melalui tujuan, rencana dan tindakan yang didalamnya terdapat strategi dan taktik dengan disesuaikan oleh produsen pesan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang dilakukan studi kasus. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini yakni goals, plan, action. Pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara dan pengumpulan dokumen. Wawancara dilakukan dengan mentor dari platform.

Terdapat hasil pada penelitian ini tentang produksi pesan bahwa adanya keterkaitan antara goals, plan dan action yang mempengaruhi bagaimana berjalannya pesan bisa disampaikan dengan baik. Kemudian platform ini juga dapat digunakan sebagai pelatihan secara online untuk pelaku UMKM diera media digital seperti sekarang ini. Penelitian ini mempunyai kesimpulan bahwa, memproduksi pesan dari teori goals-plan-action dilakukan dengan teori tersebut pesan dapat tersampaikan secara terarah dan menghasilkan pesan yang dapat dimengerti oleh khalayak umum, dari adannya tujuan, rencana, hingga tindakan yang dikenalkan oleh teori Dillard ini informasi yang ingin disampaikan melalui pesan ini dapat tersampaikan secara baik dan diterima oleh banyak orang, terlebih oleh pengguna platform UMKM bangkit.

×
Penulis Utama : Hebby Ilma Dini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S262108019
Tahun : 2023
Judul : Produksi Pesan Komunikasi Pemasaran Digital (Studi Kasus pada Produksi Pesan para Mentor tentang Komunikasi Pemasaran Digital melalui Platform UMKM Bangkit di Kabupaten Tegal)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Proses Produksi Pesan, Teori GPA, Platform UMKM Bangkit
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D
2. Drs. Ign. Agung Satyawan SE., S.I.Kom, M.Si., Ph.D
Penguji : 1. Prof. Drs. Pawito. Ph.D
2. Dr.Andre N. Rahmanto S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.