Penulis Utama : Hintang Susilo
NIM / NIP : S812302033
×

Hintang Susilo. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pertanian Padi Pada Remaja Desa Pilangsari. Tesis. Pembimbing: Dr. Roemintoyo, M.Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Pertanian padi saat ini mengalami penurunan minat dari generasi remaja, termasuk kurangnya motivasi dalam mempelajari pertanian. Pembelajaran pertanian padi membutuhkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dengan adanya diskusi dan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kebutuhan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pertanian padi; (2) kelayakan pengembangan media pembelajaran ular tangga; (3) keefektifan media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan untuk pembelajaran pertanian padi guna meningkatkan motivasi belajar pertanian padi.

Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan diantaranya Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian melibatkan 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli bahasa, 23 peserta didik kelas A untuk uji terbatas dan luas, 30 siswa untuk uji efektivitas dari Kelas B dan Kelas C Kelompok Belajar Karang Taruna Desa Pilangsari. Nonequivalent Control Group Design digunakan sebagai desain untuk menguji keefektifan media pembelajaran.

Penelitian menemukan temuan bahwa: (1) analisis kebutuhan, yang terdiri analisis kebutuhan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pertanian padi yang digunakan untuk pembelajaran dengan kuesioner dan wawancara, dengan hasil motivasi belajar pertanian padi rendah karena pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. (2) uji kelayakan, yang merupakan tahap ini melibatkan uji validitas dari ahli media, materi dan bahasa dengan hasil media pembelajaran layak untuk diimplementasikan. Selanjutnya uji coba kelompok kecil dan kelompok besar/lapangan dengan hasil media pembelajaran layak untuk digunakan. (3) Hasil uji keefektifan menunjukkan : hasil uji keefektifan produk mengggunakan uji statistik Normized Gain (N-Gain) membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga meningkatkan motivasi belajar pertanian padi pada remaja secara signifikan dengan hasil nilai N-Gain sebesar 94,6 % yang berarti produk memiliki efektivitas tinggi.

×
Penulis Utama : Hintang Susilo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S812302033
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pertanian Padi Pada Remaja Desa Pilangsari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran ular tangga, motivasi belajar, pertanian padi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28454
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, M.Pd
2. Prof. Dr. Sarwanto, S. Pd, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.