Penulis Utama : Shofia Muna Adibah
NIM / NIP : K7120248
×

Shofia Muna Adibah. K7120248. Pembimbing I: Drs. Ngatman, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Dewi Indrapangastuti, M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA SWITCH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IVB SDN 2 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2023/2024, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2024.

Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media switch card untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun datar; (2) meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun datar melalui penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media switch card; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media switch card untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IVB SDN 2 Pejagoan tahun ajaran 2023/2024.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari siswa, guru, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media switch card, yaitu: (a) tahap penyajian kelas (class presentation), (b) belajar dalam kelompok (teams), (c) permainan (games), (d) pertandingan (tournament), dan (e) penghargaan kelompok (team recognition); (2) penerapan model TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun datar, terbukti dengan peningkatan rata-rata hasil peningkatan keaktifan belajar pada siklus I yaitu 73,36%, siklus II yaitu 85,19%, dan siklus III yaitu 90,33%; (3) kendala dalam penelitian ini, yaitu: (a) siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran; (b) siswa kurang memahami pembelajaran karena kurang berani dalam bertanya; (c) siswa tidak bekerja sama dengan baik saat berdiskusi kelompok. Solusi terhadap kendala tersebut, yaitu: (a) guru mendorong partisipasi siswa dengan berdiskusi dan tanya jawab kepada beberapa siswa dengan cara ditunjuk; (b) guru mendorong siswa untuk bertanya dengan selalu menanyakan materi yang belum dipahami; (c) guru memberikan motivasi mengenai pentingnya kerja sama dan pengaruhnya pada hasil penilaian siswa.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media switch card dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika tentang materi bangun datar.

×
Penulis Utama : Shofia Muna Adibah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120248
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Switch Card untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas IVB SDN 2 Pejagoan Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), keaktifan belajar, Switch Card
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Dewi Indrapangastuti, M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Dr. Achmad Basari E.W., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.