Penulis Utama : Muhammad Irfan Alfaridzi
NIM / NIP : B0119045
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah keterkaitan antarunsur struktural yang membangun dalam tujuh judul cerkak pada antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha? 2) bagaimanakah bentuk-bentuk permasalahan sosial dari tujuh cerkak dalam antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha? 3) bagaimanakah implementasi nilai-nilai sosial dalam tujuh judul cerkak pada antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha?

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur struktural yang membangun dalam tujuh judul cerkak pada antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha 2) mendeskripsikan bentuk-bentuk permasalahan sosial dari tujuh cerkak dalam antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha 3) mendeskripsikan implementasi nilai-nilai sosial dalam tujuh judul cerkak pada antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha.

Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah memperluas wawasan terhadap perkembangan terkait penelitian karya sastra Jawa, khususnya dalam kajian perspektif sosiologi sastra. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengkajian fiksi menurut Burhan Nurgiyantoro dan sosiologi sastra.

Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk penelitian sastra. Sumber data penelitian ini adalah antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha. Data dalam penelitian ini adalah teks tujuh judul cerkak dalam antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah content analysis.

Simpulan dari penelitian ini adalah 1) unsur struktural yang membangun ketujuh cerkak dalam antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha menunjukkan adanya hubungan erat antarunsur satu dengan yang lainnya sehingga membangun cerita secara utuh 2) bentuk-bentuk permasalahan sosial yang terjadi dalam cerkak ini berupa kemiskinan, kriminalitas, pelecehan seksual, depresi, penghinaan, dan konflik politik 3) implementasi nilai-nilai sosial masyarakat terjadi dalam tujuh cerkak antologi cerkak Sedulur Congkrah karya Yuditeha.

×
Penulis Utama : Muhammad Irfan Alfaridzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119045
Tahun : 2024
Judul : PERMASALAHAN SOSIAL PADA TUJUH CERKAK DALAM ANTOLOGI CERKAK SEDULUR CONGKRAH KARYA YUDITEHA (SUATU TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Cerkak Sedulur Congkrah, Permasalahan Sosial, Sosiologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M. Hum.
Penguji : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.