Penulis Utama : Diana Ime Az Zahro
NIM / NIP : K7620022
×

Diana Ime Az Zahro. K7620022. Pembimbing: Feri Setyowibowo, S.E.,M.M.,Ph.D. PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) BERBASIS QUIZWHIZZER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ELEMEN EKONOMI BISNIS DAN ADMINISTRASI UMUM DI KELAS XI PEMASARAN B SMK NEGERI 3 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan Model Game Based Learning (GBL) berbasis QuizWhizzer dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Elemen Ekonomi Bisnis dan Administrasi Umum di kelas XI Pemasaran B SMK Negeri 3 Sukoharjo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model bersiklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis pada hasil kuesioner motivasi belajar pada sebelum dan setelah tindakan. Subjek penelitian meliputi satu kelas yaitu pada kelas XI Pemasaran B, dengan jumlah peserta didik keseluruhan terdapat 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan analisis data menggunakan uji Paired Sampel T Test dan uji N-GainHasil penilitian menunjukan peningkatan dalam motivasi belajar peserta didik hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil presentase kuesioner motivasi belajar peserta didik mulai dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh rata-rata presentase skor kuesioner motivasi peserta didik sebesar 58% pada saat pratindakan, kemudian siklus I sebesar 76%, dan siklus II sebesar 83%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan dalam setiap siklus tindakan penelitian. Hasil tersebut mampu mencapai indikator capaian penelitian sebesar 81%.  Uji Paired Sampel T Test dilakukan dengan membandingkan hasil kuesioner motivasi belajar antara sebelum dan setelah tindakan. Hasil nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan setelah tindakan. Sedangkan keefektifannya dapat dilihat dari uji N-Gain yang memiliki skor sebesar 0,558 yang berarti memiliki keefektifan sedang dan persentase 56% yang berarti cukup efektif. Tingkat keefektifan yang sedang dan cukup efektif dapat diartikan bahwa penerapan model Game Based Learning berbasis QuizWhizzer cocok dan dapat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan Model Game Based Learning (GBL) berbasis QuizWhizzer dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Elemen Ekonomi Bisnis dan Administrasi Umum di kelas XI Pemasaran B SMK Negeri 3 Sukoharjo.

×
Penulis Utama : Diana Ime Az Zahro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7620022
Tahun : 2024
Judul : PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) BERBASIS QUIZWHIZZER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ELEMEN EKONOMI BISNIS DAN ADMINISTRASI UMUM DI KELAS XI PEMASARAN B SMK NEGERI 3 SUKOHARJO
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Game Based Learning, Motivasi Belajar, QuizWhizzer.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Feri Setyowibowo, S.E, M.M., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Sudarno, M.Pd
2. Jonet Ariyanto Nugroho, S.E., M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.