Penulis Utama : Dewi Nabila Ifada
NIM / NIP : B0420016
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) Latar belakang pembangunan jalur trem Kediri-Jombang, (2) Dampak pembangunan jalur trem Kediri-Jombang terhadap aspek sosial masyarakat Afdeeling Kediri tahun 1895-1942, (3) Dampak pembangunan jalur trem Kediri-Jombang terhadap aspek ekonomi masyarakat Afdeeling Kediri tahun 1895-1942.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari empat tahapan, yakni Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik sumber (Verifikasi), Interpretasi, dan Historiografi. Dalam penelitian ini pengumpulan sumber diperoleh dari studi sumber arsip dan studi pustaka yang kemudian dilakukan analisis terhadap kebenaran dan keaslian sumber dan selanjutnya dilakukan penafsiran pada sumber dan dilakukan penyusunan dan penulisan secara kronologis. Dalam penyusunan penelitian digunakan pendekatan sosiologis dan ekonomi sebagai ilmu bantu ilmu sejarah.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa latar belakang pembangunan jalur trem Kediri-Jombang merupakan dampak dari berkembangnya industri gula di wilayah Hindia Belanda khususnya di wilayah Afdeeling Kediri. Jalur trem Kediri-Jombang dibangun untuk mengatasi masalah pengangkutan hasil perkebunan menuju pabrik gula yang ada di wilayah Afdeeling Kediri. Berkembangnya transportasi trem di wilayah Afdeeling Kediri membawa dampak bagi kehidupan sosial maupun ekonomi masyarakat Afdeeling Kediri, seperti mudahnya mobilitas penduduk, berkembangnya permukiman penduduk, bentuk diskriminasi dan kriminalitas di dalam trem, hingga mengembangkan aktivitas perekonomian di pasar wilayah Kediri pada kurun waktu 1895-1942.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa hadirnya transportasi trem di wilayah Afdeeling Kediri memberikan kemudahan bagi masyarakat Kediri untuk dapat melakukan mobilitas sosial antar wilayah, berkembangnya kawasan permukiman dan berbagai fasilitas publik seperti halte yang menunjang aktivitas masyarakat, serta berkembangnya pendidikan dengan dibangunnya sebagai sekolah di Kediri. Kegiatan dagang di pasar juga meningkat dengan dibangunnya halte di dekat pasar yang memudahkan pengangkutan barang dagang. Krisis Malaise mengakibatkan terpuruknya industri pabrik gula di Afdeeling Kediri. Masa pendudukan Jepang turut berdampak pada jalur trem milik KSM yang sengaja dibongkar untuk kepentingan perang sehingga menghambat aktivitas trem di wilayah Afdeeling Kediri.

×
Penulis Utama : Dewi Nabila Ifada
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0420016
Tahun : 2024
Judul : Pembangunan Jalur Trem Kediri-Jombang dan Dampaknya Terhadap Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat Afdeeling Kediri Tahun 1895-1942
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Jalur Trem, KSM, Dampak Sosial, Dampak Ekonomi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
2. Dr. Harto Juwono, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
2. Dr. Harto Juwono, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.