Penulis Utama : Luli Pitakasari Arnenda
NIM / NIP : K4610055
×

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor lari dalam pembelajaran atletik pada siswa kelas V SD N Sumber I Surakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan pendekatan bermain tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa V SD N Sumber I Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 18 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian gerak dasar lokomotor lari. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal ke siklus I. Pada Data awal siswa yang memenuhi KKM 75 pada pembelajaran lari sebesar 8 siswa atau 24,24%. Dan siswa yang belum tuntas sebesar 75,76%. Pada siklus I, hasil belajar gerak dasar lokomotor lari siswa yang mencakup keseluruhan aspek psikomotor, kognitif dan afektif yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 97% atau 32 siswa dari 33 siswa dengan KKM 75. Hasil belajar gerak dasar lokomotor lari siswa (psikomotor) mencapai 88% atau sebanyak 29 siswa dari 33 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada nilai kognitif siklus I, siswa yang mencapai kriteria tuntas sama yaitu 91%, untuk nilai afektif siswa pada siklus I yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 100%. Pelaksanaan tindakan pada siklus I berdampak terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor lari siswa kelas V SD N Sumber I Surakarta tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci : hasil belajar, pendekatan bermain, gerak dasar lokomotor lari.

 

×
Penulis Utama : Luli Pitakasari Arnenda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4610055
Tahun : 2014
Judul : Upaya meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor lari melalui pendekatan bermain pada siswa kelas v sd negeri sumber 1 surakarta tahun ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4610055-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Sunardi, M.Kes.
2. Djoko Nugroho, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.