Penulis Utama : Mokhammad Firdaus
NIM / NIP : A121208050
×

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk: (1) Mengevaluasi tentang kebijakan pembinaan olahraga rekreasi. (2) Mengevaluasi tentang kelayakan sumber daya manusia dalam olahraga rekreasi di Kota Surakarta. (3) Mengevaluasi tentang ketersediaan fasilitas olahraga rekreasi di Kota Surakarta (4) Mengevaluasi tentang bantuan teknis dari pemerintah kota surakarta terhadap
olahraga rekreasi di Kota Surakarta.
Penelitian ini dilakukan kepada organisasi olahraga yang mengurusi tentang olahraga rekreasi di Kota Surakarta yaitu FORMI. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian kebijakan Pemerintah tentang pembinaan olahraga rekreasi di kota Surakarta. Sumber data berupa dokumen peraturan daerah tentang olahraga rekreasi, dan dokumen tentang olahraga rekreasi, dan informan dengan menggunakan teknik snowball sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengkaji dokumen dan arsip (content analysis), wawancara mendalam (in-depth interviewing) dan observasi (observation). Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembinaan olahraga rekresasi sudah ada dan berjalan FORMI sebagai lembaganya dimana dari PP no 16 tahun 2007 pasal 93 ayat 3 tentang standar minimal pelayanan olahraga rekreasi sudah terlaksana seperti sanggar, pelatihan, perlombaan, sarpras, pendanaan. (2) Ketersediaan sumber daya manusia olahraga rekreasi belum sesuai SDI yaitu sebesar 0.002  akan tetapi sumber daya manusia diluar FORMI banyak yang sudah melakukan kegiatan olahraga rekreasi (3) Ketersediaan fasilitas olahraga rekreasi yang ada bermacam dari kwalitas dan kwantitas akan tetapi ruang terbuka yang disediakan pemerintah untuk masyarakat melakukan kegiatan rekreasi atau olahraga yang sifatnya rekreasi sudah tersedia luas ruang terbuka yang disedikan pemerintah sebesar 366.144,44 m2 dengan nilai aktual sebesar 1,26 m2 (4) Bantuan teknis dari pemerintah kota berupa dana masih kurang tetapi bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat menggunakan fasilitas yang disediakan untuk melakukan kegiatan olahrag rekreasi sangat baik.

Kata Kunci : Kebijakan Pemerintah,Olahraga rekreasi,FORMI

×
Penulis Utama : Mokhammad Firdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121208050
Tahun : 2015
Judul : Kebijakan Pemerintah Tentang Pembinaan Olahraga Rekreasi di kota Surakarta (Evaluasi TTentang Kelayakan Sumber Daya Manusia, Ketersediaan Fasilitas Olahraga dan Bantuan Teknis dalam Olahraga Rekreasi )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Keolahragaan-A121208050-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.