Penulis Utama : Yudhistira Andhika Putra
NIM / NIP : E0010363
×

ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya melindungi konsumen muslim yang ada di Indonesia dari kecurangan yang dilakukan oleh pelaku usaha yang nakal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan ditambah peraturan – peraturan lainnya yang mengatur masalah tentang perlindungan konsumen dalam melindungi konsumen muslim tersebut dari tindak kejahatan, serta menganalisis faktor-faktor yang menjadi hambatannya dan  memberikan solusi dari hambatan – hambatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif atau penelitian hukum kepustakaan yang bersifat preskriptif atau terapan. Jenis data yang digunakan adalah sumber penelitian sekunder, yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti diantaranya peraturan perundang-undangan, fatwa Majelis Ulama Indonesia, kitab suci Al- Qur’an maupun Al- Hadits, dokumen-dokumen resmi , buku-buku, serta jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi UU No. 8 Tahun 1999 ini dalam melindungi konsumen muslim memang sudah disinggung. Akan tetapi, ada beberapa hal mengenai kelayakan produk makanan yang belum tertulis jelas dan dilengkapi oleh peraturan perundang – undangan yang lain, contohnya UU No.18Tahun 2012 tentang Pangan. Adapun penyelesaian yang mungkin bisa dilakukan dari hambatan – hambatan yang muncul yaitu melalui pendekatan dan sosialisasi yang dilakukan pemerintah dan kesadaran dari pihak pelaku usaha untuk berbuat jujur sesuai peraturan yang berlaku dan kaidah Agama Islam demi tercapainya perlindungan konsumen muslim atas pangan di Indonesia.
Kata kunci: implementasi, pangan, konsumen muslim
ABSTRACT
This study is based on the importance of protecting the Muslim consumers in Indonesia from fraud by rogue businesses . The purpose of this study to determine the implementation of Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection and plus regulations - regulations governing the issue of consumer protection in the Muslim consumer protection from crime , and to analyze the factors that become obstacles and provide solutions of barriers - these obstacles.
    This research is a normative legal or legal research literature is descriptive or applied . The data used are secondary research sources , obtained through the study of literature and related to problems studied include legislation , fatwa Majelis Ulama Indonesia , the holy book Qur'an and Al- Hadith , official documents , books -books , and scientific journals related to basic research.
    Based on the results, it can be concluded that the implementation of Law No. 8 of 1999 is to protect Muslim consumers already alluded to . However , there are some things about the feasibility of food products that have not been written clearly and equipped by laws - laws that others , for example No.18 of 2012 on Food. The settlement which may be made of obstacles - obstacles that arise is through the approach taken by the government and socialization and awareness of the business to do what is right according to regulations and the rules of Islam in order to achieve the protection of Muslim consumers to food in Indonesia.
Keywords : implementation , food , consumer Muslim

×
Penulis Utama : Yudhistira Andhika Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0010363
Tahun : 2014
Judul : Implementasi Perlindungan Konsumen Muslim atas Pangan (Ditinjau dari Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2014
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E.0010363-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahayu Subekti, S.H.,M.H.
2. Wida Astuti, S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.