Penulis Utama : Valdera Yudistira
NIM / NIP : K1510051
×

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning dan pembelajaran di dalam kelas terhadap prestasi belajar siswa. (2) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Untuk mengetahui interaksi antara metode outdoor learning dan pembelajaran di dalam kelas terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Dalam penelitian ini sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode Outdoor Learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran di dalam kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket untuk mencari data tentang prestasi dan aktivitas belajar siswa. Validitas instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas yang menggunakan rumus chi-kuadrat dan uji homogenitas yang menggunakan uji F. Teknik Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Harga Fhitung = 24,54 > Ftabel = 3,98 derajat kebebasan 1 pada taraf signifikansi a = 0,05. Ho ditolak, H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode outdoor learning dan pembelajaran di dalam kelas terhadap prestasi belajar siswa. (2) Harga Fhitung = 1,08 < Ftabel = 3,98 derajat kebebasan 1 pada taraf signifikansi a = 0,05. Ho diterima, H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Fhitung = 1,88 < Ftabel = 3,98 derajat kebebasan 1 pada taraf signifikansi a = 0,05. Ho diterima, H1 ditolak. Artinya tidak ada interaksi antara metode outdoor learning dan pembelajaran di dalam kelas terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Outdoor Learning, Pembelajaran di dalam kelas, Aktivitas Belajar, Prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Valdera Yudistira
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1510051
Tahun : 2015
Judul : Perbandingan antara metode outdoor learning dan di dalam kelas terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas x teknik gambar bangunan smk negeri 2 Sukoharjo pada mata pelajaran konstruksi bangunan tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendididkan Teknik Bangunan-K.1510051-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A.G.Tamrin, M.Pd., M.Si
2. Drs. Waluyo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.